Jumat 09 Mar 2018 11:18 WIB

Kawal Asian Games, Manggala Agni Siapkan Riau Bebas Asap

Manggala Agni akan memprioritaskan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Petugas Manggala Agni melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan.( ilustrasi).
Foto: dok. Humas Kemenhut
Petugas Manggala Agni melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan.( ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manggala Agni telah melakukan upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan karhutla di Provinsi Riau sejak awal tahun 2018 dengan prioritas pada upaya pencegahan. Berbagai upaya yang dilakukan merupakan dukungan Manggala Agni terhadap kesuksesan penyelenggaraan olah raga Internasional Asian Games di Palembang bulan Agustus 2018 mendatang.

“Manggala Agni siap bekerja sama dengan semua pihak untuk mewujudkan Riau bebas asap di tahun 2018 dan suksesnya Asian Games,” tegas Kepala Daops Manggala Agni Pekanbaru, Edwin Putra, saat mengikuti Apel Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, Kamis (8/3)lalu, seperti dalam siaran pers Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kegiatan yang digelar Pemerintah Daerah Provinsi Riau di Halaman Kantor Gubernur Riau, dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, merupakan bentuk kesiapsiagaan para pihak untuk menanggulangi karhutla di Provinsi Riau tahun 2018. Apel Siaga ini diikuti oleh sekurangnya 750 peserta dari beberapa instansi terkait, diantaranya Manggala Agni Daops Pekanbaru, TNI AD, TNI AU, POLRI, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, Satpol PP, BASARNAS, TAGANA, Senkom Mitra POLRI, PMI, Resimen Mahasiswa, Pramuka, dan perusahaan swasta.

Khusus wilayah Riau, pantauan Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK pada Rabu (7/3) pukul 20.00 WIB, berdasarkan satelit NOAA-19 dan TERRA AQUA NASSA Conf level >80 persen tidak mendeteksi adanya hotspot.  Kondisi ini tidak menyurutkan kesiapsiagaan Manggala Agni bersama dengan TNI, Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA) dengan tetap melakukan pengecekan lokasi yang sebelumnya terjadi karhutla.

Dari udara, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga melakukan pemantauan udara menggunakan helikopter pada wilayah-wilayah yang sempat mengalami kebakaran. Berbagai upaya telah dilakukan KLHK – Manggala Agni bersama para pihak seperti TNI, POLRI, BPBD, MPA, dan masyarakat setempat, sehingga kejadian kebakaran yang terjadi dapat ditangani dengan baik.

photo
Manggala Agni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement