Kamis 08 Mar 2018 15:12 WIB

Mungkinkah Poros Partai Islam Usung Capres?

Sampai saat ini belum ada capres dari tokoh Islam memiliki elektabilitas tinggi.

Rep: Farah Nabila Noersativa, Amri Amrullah/ Red: Elba Damhuri
Qua vadis partai Islam (ilustrasi)

Masih ada peluang

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut tak menutup kemungkinan adanya peluang poros partai-partai Islam pada Pemilu 2019 nanti. Namun, pihaknya mengaku masih melihat kondisi perpolitikan saat ini di mana salah satu partai Islam, PPP, telah memposisikan diri kepada koalisi partai propemerintah.

Ia menyebut bila memang nantinya partai poros Islam bisa dibentuk, hal itu akan membuat lebih mudah untuk membentuk kekuatan satu sama lain. PKS sendiri, kata dia, telah mempersiapkan sembilan nama pengurusnya yang berpotensi untuk diusung menjadi capres/cawapres dalam Pemilu 2019 nanti.

Kesembilan nama itu saat ini sedang intensif meningkatkan elektabilitas mereka di beberapa daerah. Kesembilan nama itu antara lain Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Ketua Majerlis Syuro Hidayat Nur Wahid, Mantan Presiden PKS Anis Matta, Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, dan juga Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman. 

Selain itu, nama-nama yang ia sebut adalah Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al'Jufrie, mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring, Ketua DPP PKS AL Muzammil Yusuf, dan ia sendiri, Mardani Ali Sera. Menurut Mardani, sembilan nama ini tak boleh memasuki tim komunikasi politik lainnya, yang bertugas untuk membangun komunikasi dengan mitra koalisi lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement