Rabu 07 Mar 2018 20:32 WIB

Waketum PAN: Segalanya Masih Sangat Cair

PAN takkan bersikap pragmatis, namun akan perhatikan aspirasi kader di Pilpres 2019

 Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Taufik Kurniawan (kiri). -Republika/Musiron-
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Taufik Kurniawan (kiri). -Republika/Musiron-

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkait pencalonan capres/cawapres PAN, Wakil Ketua Umum DPP PAN, Taufik Kurniawan mengatakan segala kemungkinan masih bisa terjadi. PAN masih perlu melihat perkembangan di internal sekaligus keinginan basis konstituen PAN.

"Jadi segalanya masih sangat cair. Segala kemungkinan masih bisa terjadi," kata Taufik, kepada Republika.co.id, Rabu (7/3).

Taufik mengatakan PAN secara kelembagaan belum resmi mengambil keputusan. Sehingga bisa saja dalam pencapresan nanti, PAN akan mengusung capres ataupun cawapres. "Atau bisa mendukung figur di luar PAN yang memang dikehendaki oleh masyarakat," kata Taufik.

Sebenaranya, lanjut Taufik, kader PAN juga secara kualitas banyak yang memenuhi kualifikasi untuk dimajukan menjadi capres atau cawapres. Tapi PAN harus juga realistis untuk melihat perkembangan yang ada di masyarakat. 

"Termasuk bagaimana nanti perjalanan koalisi yang akan terbentuk. Kita kan harus berkoalisi dengan parpol lain, karena harus memenuhi syarat 20 persen suara untuk pengajuan calon. Sehingga pasti akan ada tahap pembicaraan-pembicaraan dengan parpol lain," jelas Taufik, yang juga wakil ketua DPR ini.

Meski demikian, Taufik menegaskan bahwa pilihan politik PAN untuk koalisi dalam Pilpres 2019, tidak hanya semata-mata berdasar pertimbangan kepentingan prakmatis saja. Namun PAN tetap akan mengedepankan aspirasi dari konstituen PAN.

"Keinginan konstituen PAN dalam Pilpres 2019 mendatang akan sangat kami perhatikan. PAN sangat memperhatikan aspirasi dari konstituen," kata Taufik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement