Jumat 09 Feb 2018 04:51 WIB

Pascabanjir Warga Diimbau Pastikan Rumah Aman Sebelum Pulang

Rumah kosong dan tergenang banjir memiliki potensi bahaya.

Salah satu rumah warga di Kampung Arus, Jakarta Timur yang banjirnya telah surut.
Foto: Foto: mg01
Salah satu rumah warga di Kampung Arus, Jakarta Timur yang banjirnya telah surut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Palang Merah Indonesia (PMI) mengimbau masyarakat yang menjadi korban banjir memastikan keamanan rumah dan lingkungan sekitarnya sebelum kembali ke kediaman masing-masing.

"Jika mengungsi, kembali ke rumah kalau keadaan sudah benar-benar aman. Jangan langsung masuk ke dalam rumah dan perhatikan situasi sekitar dengan cermat," ujar Putri Srihartaty dari Unit Transfusi Darah Pusat PMI saat dihubungi di Jakarta, Kamis malam (8/2).

Menurut dia, rumah yang ditinggalkan kosong dan tergenang banjir memiliki potensi bahaya yang bisa menimbulkan kerugian materi dan jiwa jika tidak diperhatikan. Bahaya itu antara lain retakan di bagian rumah, kabel terkelupas atau putus yang masih dialiri listrik, kebocoran gas atau menjadi tempat tersembunyi binatang-binatang yang berbahaya. Oleh karenanya diperlukan penanganan khusus dan seksama saat memasuki rumah yang usai terkena banjir.

"Saat masuk harus gunakan alas kaki, lalu mulai bersihkan rumah dan lingkungan sekitar. Cuci perlengakapan makan dan barang lainnya dengan sabun antikuman. Tidak lupa perhatikan kebersihan dan kesehatan diri agar terhindar dari penyakit," katanya.

Banjir yang terjadi biasanya juga turut membawa sampah, endapan lumpur, atau genangan air kotor yang bisa tertinggal di dalam rumah atau lingkungan sekitar. "Selalu ingat setelah banjir surut, sampah yang hanyut, endapan lumpur atau genangan air yang tersisa bisa menjadi tempat penyakit," kata Putri.

Bersihkan lumpur dan sampah yang tertinggal karena dikhawatirkan bisa menjadi sumber munculnya demam berdarah akibat nyamuk yang bersarang di lokasi yang tergenang air atau penyakit akibat kotoran tikus. "Dan jangan gunakan air bekas genangan banjir untuk membersihkan perabotan rumah Anda karena rawan terkontaminasi zat-zat yang berbahaya," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement