Rabu 07 Feb 2018 01:21 WIB

Masyarakat DIY Dimbau Pangkas Pohon Rimbun

Pohon berpotensi patah atau roboh.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pohon tumbang (ilustrasi)
Foto: Antara
Pohon tumbang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA -- Prakiraan cuaca sekitaran DIY pada bulan kedua 2018 masih didominasi hujan walau intensitasnya tidak menentu. Karenanya, masyarakat diminta melakukan langkah-langkah antisipasi mulai dari membersihkan selokan sampai memangkas pohon-pohon yang sudah rimbun.

Manajer Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Danang Samsu Rizal mengungkapkan rekomendasi yang dikeluarkan BPBD. Terdapat tiga rekomendasi yang sebagian besar bertujuan mengurangi genangan ketika hukan intensitas tinggi terjadi.

"Melakukan gerakan bersih lingkungan sekitar, terlebih dengan saluran air yang ada, selain itu, juga perlu diantisipasi dengan cara pemangkasan terhadap pohon berpotensi patah atau roboh," kata Danang kepada Republika.co.id, Selasa (6/2).

Untuk kegiatan pendakian ke Gunung Merapi, BPBD merekomendasikan hanya dilakukan sampai Pasar Bubar. Pengecualian diberikan untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

 

Pasalnya, kondisi morfologi puncak Gunung Merapi saat ini rawan terjadi longsor, sehingga sangat berbahaya bagi keselamatan para pendaki. Mengingat hujan masih terjadi, masyarakat diimbau pula menjaga kewaspadaan terhadap ancaman bahaya lahar.

Terkait itu, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) telah pula melakukan pengamatan dan evaluasi sejak 26 Januari-1 Februari 2018. Berdasarkan pengamatan itu, disimpulkan kalau status Gunung Merapi masih normal.

Akibat hujan diikuti angin kencang yang terjadi beberapa kali dengan intensitas ringan sampai sedang sepanjang Senin (5/2) kemarin, sejumlah kejadian tercatat di sekitaran DIY. Sebagian besar merupakan pohon tumbang yang terjadi hampir di semua kabupaten/kota.

Dari Kabupaten Kulonprogo terjadi angin kencang yang mengakibatkan satu pohon tumbang mengenai rumah dengan kondisi rusak berat. Sedangkan, dari Kota Yogyakarta terdapat satu pohon tumbang yang sempat menutup akses jalan.

Angin kencagn terjadi pula di Kabupaten Bantul, yang mengakibatkan satu pohon tumbang yang terjadi di area lapangan bola voli. Beruntung, tidak ada korban luka-luka maupun jiwa akibat kejadian tersebut. "Di Kabupaten Gunungkidul satu kejadian tanah longsor di Kecamatan Gedangsari," ujar Danang.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri telah memprediksi cuaca untuk sekitaran DIY masih akan terjadi hujan dengan intensitas ringan sampai sedang. Suhu mulai 22-30 derajat celcius.

Kelembaban udara berada di 65-95 persen. Namun, masyarakat tetap diimbau mewaspadai hujan intensitas sedang sampai lebat yang kemungkinan disertai petir atau kilat. Gelombang laut di sepanjang Laut Selatan diperkirakan masih berkisar 1,5-2 meter.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement