Selasa 06 Feb 2018 15:09 WIB

Ketua DPR: Tingkatkan Tanggap Bencana Banjir dan Longsor

DPR minta BNPB dan BPBD antisipasi daerah rawan bencana

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bilal Ramadhan
Banjir di Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan.
Foto: Foto: mg01
Banjir di Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Bambang Soesatyo mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana. Hal ini menyusul ancaman terjadi bencana tanah longsor dan banjir lantaran cuaca ekstrem beberapa waktu terakhir. Terlebih kemarin, terjadi bencana tanah longsor dan banjir yang terjadi di beberapa daerah.

"Kami mengimbau kepada masyarakat ataupun wisatawan untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjauhi kawasan yang berpotensi rawan bencana," ujar Bambang, Selasa (6/2).

Ia juga meminta Komisi V dan Komisi VIII mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan BASARNAS untuk mengantisipasi daerah-daerah rawan bencana. Selain itu juga, ia meminta pihak pihak tersebut meningkatkan penanganan tanggap bencana.

"Kami juga meminta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk meng-update informasi secara berkala, mengingat cuaca ekstrem masih akan berlanjut sampai bulan Maret," ujar Bambang.

Ia juga menyampaikan ucapan dukacita yang mendalam kepada keluarga korban bencana tanah longsor dan banjir kemarin seperti di Puncak seperti di Puncak, Bogor yang mengakibatkan satu orang meninggal dan 3 orang hilang seperti ancaman banjir di beberapa lokasi di Jakarta,

"Kami juga mengimbau para nelayan untuk berhati-hati dalam aktifitas penangkapan ikan saat gelombang tinggi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement