Jumat 02 Feb 2018 08:04 WIB

Sandi Janji Cari Lahan Sementara untuk PKL Trotoar Sudirman

PKL kehilangan lahan berjualan karena revitalisasi Pasar Benhil.

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Nur Aini
Pedagang berjualan di trotoar di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Pusat, Ahad (17/12).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Pedagang berjualan di trotoar di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Pusat, Ahad (17/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berjanji segera mencarikan lahan sementara untuk ditempati pedagang kaki lima (PKL) yang menjamur di trotoar Jalan Sudirman. Sandi menganggap mereka bagian dari pengusaha kecil yang harus diperhatikan.

"Tentunya kita harus pikirkan mereka, carikan lokasi sementara dan bagaimana bisa tidak mengakibatkan mereka mengokupasi trotoar lagi seperti yang terjadi sekarang," kata dia di Balai Kota, Jumat (1/2).

Sandi mengaku telah mendengar langsung keluhan pedagang kaki lima (PKL) yang menggunakan trotoar di Jalan Sudirman untuk berjualan. Ia menyimpulkan, PKL mengokupasi trotoar lantaran tak adanya lahan usaha bagi mereka.

"Kebetulan Jumat lalu saya lewat duduk di situ bicara dengan beberapa teman-teman di situ, mereka bilang bahwa dia nggak punya lahan usaha," kata Sandi.

Ia mengatakan, PKL berjualan di trotoar adalah akibat dari lahan usaha mereka yakni Pasar Benhil kini sedang direvitalisasi oleh PD Pasar Jaya.

Dia meminta revitalisasi tersebut dipercepat agar pedagang bisa kembali berjualan di tempat asli mereka dan tidak mengambil hak para pejalan kaki. Kendati demikian, Sandi mengatakan, PKL tetap tak boleh berjualan di trotoar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement