Kamis 28 Dec 2017 06:49 WIB

Tahun Baru di Bekasi akan Dipusatkan di Area CFD

Kemeriahan kembang api di malam tahun baru
Foto: Republika
Kemeriahan kembang api di malam tahun baru

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Perayaan malam pergantian tahun di Kota Bekasi akan dipusatkan di area hari bebas kendaraan atau 'car free day (cfd) Jalah Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Ahad (31/12) malam.

"Kami memprediksi peserta perayaan tahun baru nanti berkisar lebih dari 100.000 orang sesuai dengan situasi serupa pada periode sebelumnya," kata Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi Deded Kusmayadi di Bekasi, kemarin.

Dishub mengalokasikan waktu perayaan mulai pukul 23.00-00.30 WIB pada badan Jalan Ahmad Yani sepanjang 300 meter, mulai dari depan Rumah sakit Mitra Keluarga Bekasi Barat hingga Jembatan Summarecon Bekasi.

Area tersebut, kata dia, akan dikhususkan bagi kemeriahan acara perayaan dengan melarang kendaraan roda dua maupun roda empat melintas di lokasi tersebut.

"Kita sterilkan area tersebut dengan melarang motor maupun mobil melintas. Kita juga menyediakan panggung hiburan untuk penampilan sejumlah kesenian maupun orasi," katanya.

Dikatakan Deded, area tersebut sudah tiga tahun terakhir dijadikan sebagai sentral perayaan tahun baru bagi warga Kota Bekasi dan sekitarnya. Bahkan pihaknya mengklaim, antusiasme masyarakat untuk hadir ke lokasi itu cukup tinggi.

"Biasanya warga akan memadati lokasi acara mulai pukul 20.00 WIB," katanya.

Deded mengatakan, pihaknya juga akan melibatkan sekitar 200 personel Dishub untuk mengantisipasi sejumlah simpul kemacetan lalu lintas sebagai dampak penutupan Jalan Ahmad Yani.

"Penumpukan arus lalu lintas dipastikan akan terjadi di sekitar Jalan Raya Ahmad Yani. Untuk itu arus kendaraan akan dialihkan ke beberapa ruas jalan seperti Jalan Raya Kemakmuran untuk mengakses Jalan Raya Sudirman dan Jalan Sultan Agung," katanya.

Bagi pengendara yang mengarah ke wilayah Bekasi Utara, kata dia, pengendara akan dialihkan menuju Jalan Raya Kemakmuran atau Jalan M Hasibuan menuju Jalan Raya Veteran atau Jalan Ir H Djuanda.

"Rekayasa lalu lintasnya persis yang rutin kita gelar saat CFD berlangsung," katanya.

Deded menambahkan, puncak perayaan tahun baru akan ditunjukan dengan agenda sujud syukur para Apartur Sipil Negara (ASN) bersama warga yang datang sebagai visualisasi rasa syukur atas pencapaian selama 2017.

"Puncak acara itu kita laksanakan di dekat panggung utama yang akan didirikan di depan kantor Pemerintahan Kota Bekasi," katanya.

Deded mengimbau warga yang membawa kendaraan pribadi memarkirkan kendaraannya di beberapa titik kantong parkir yang sudah disediakan.

Kantong parkir itu di antaranya bertempat di sekitar kantor Pemerintah Kota Bekasi, Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Bekasi serta beberapa gedung perkantoran yang ada di sepanjang Jalan Ahmad Yani.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement