Rabu 27 Dec 2017 02:15 WIB

Bandung Targetkan Dikunjungi 7 Juta Wisatawan di Akhir Tahun

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Aktivitas pekerja di lokasi proyek pembuatan Alun-Alun Cicendo, Jalan Arjuna, Kota Bandung, Jumat (22/12). Proyek tersebut ditargetkan selesai pada akhir tahun 2017.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Aktivitas pekerja di lokasi proyek pembuatan Alun-Alun Cicendo, Jalan Arjuna, Kota Bandung, Jumat (22/12). Proyek tersebut ditargetkan selesai pada akhir tahun 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kepala dinas budaya dan pariwisata (Kadisbudpar) Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengatakan Pemkot Bandung menyiapkan sejumlah agenda yang akan menjadi rangkaian kemeriahan pesta menyambut tahun baru 2018. Nantinya, kemeriahan akan terpusat di satu tempat. Targetnya, Bandung mampu menjaring 7 juta wisatawan.

"Keinginan Pak Wali (Ridwan Kamil) tahun ini pusatnya di Alun-alun Cicendo. Tapi di setiap wilayah juga akan ada kemeriahan untuk memecah massa," kata Kenny.

Kenny menjelaskan, pemilihan pusat keramaian tersebut tidak lepas dari ajang promosi keberadaan Alun-alun Cicendo sebagai destinasi wisata baru di Kota Bandung. Pembangunan ruang publik di Jalan Arjuna itu akan rampung menjelang akhir 2017.

"Kegiatan perayaan malam Tahun Baru di Taman Cicendo ini, rencannya akan diisi dengan festival musik, pesta kembang api, dan kuliner," katanya

Kenny berharap, dengan banyaknya kegiatan menarik selama musim libur sekolah, Natal,dan tahun baru tingkat kunjungan wisatawan pada 2017 mencapai target. Sehingga, tingkat hunian kamar hotel juga kembali menggeliat. Sebab, tingkat hunian kamar hotel sempat mengalami penurunan.

"Targetnya 8 persen atau tembus 7 juta wisatawan. Awal Desember ini jumlah kunjungan sudah mencapai 6,9 juta. Sedangkan, tahun lalu hanya 6 juta," katanya.

Kenny optimistis, tingkat hunian hotel di Bandung akan meningkat karena libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur sekolah, Natal, cuti bersama dan Tahun Baru sehingga membuat kunjungan wisatawan ke Kota Bandung meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement