Selasa 26 Dec 2017 18:04 WIB

Skema Pembiayaan Syariah Rumah DP Nol Rupiah Disiapkan

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Andri Saubani
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang menyiapkan skema pembiayaan berbasis syariah untuk rumah dengan DP nol rupiah. Rencana itu kini sedang digodok Dinas Perumahan untuk disempurnakan.

"Iya (rencana pembiayaan berbasis syariah)," kata Kepala Dinas Perumahan Pemprov DKI Agustino Darmawan saat dihubungi, Selasa (26/12).

Namun, Agustino masih enggan membeberkan konsep secara detail. Dia tak mau mengungkapkan penggodokan yang sedang dilakukan lantaran belum matang. Dia berjanjiakan menyampaikan ke publik terkait skema pembiayaan jika sudah siap.

"Nanti saja kalau sudah jadi. Saya nggak berani komentar sekarang, kalau belum matang nggak mau saya," ujar dia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebelumnya mengatakan membuka kemungkinan alternatif pembiayaan rumah dengan DP nol rupiah akan berbasis syariah. "Salah satu pembiayaan yang coba ditelaah adalah pembiayaan berbasis syariah," katanya.

Agustino menambahkan, seluruh pembangunan rumah DP nol rupiah berada dalam pengawasan dan koordinasi Dinas Perumahan Pemprov DKI. Termasuk pembangunan pertama sebagai proyek percontohan yang akan dilakukan di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

"Dinas Perumahan monitor semua pembangunan DP nol rupiah. Spesifikasi dan lain-lain kan kita yang menetapkan," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement