Ahad 24 Dec 2017 21:19 WIB
Libur Akhir Tahun

Ratusan Penjaga Pantai Sukabumi Dikerahkan

Sejumlah wisatawan bermain air saat matahari terbenam di pantai Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Sejumlah wisatawan bermain air saat matahari terbenam di pantai Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Ratusan penjaga pantai dikerahkan untuk mengamankan ribuan wisatawan yang terus memadati objek wisata laut di selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada libur panjang akhir pekan dan Natal 2017.

"Kami menurunkan 87 anggota tetap dan 17 anggota binaan yang disebar ke beberapa pos penjagaan dan penyelamatan wisata laut," kata Kepala Divisi Operasional dan Latihan Balawista Kabupaten Sukabumi Asep Edom Saepulloh di Sukabumi, Ahad.

Menurutnya, dari pantauan langsung di lokasi wisata laut, hingga saat ini wisatawan yang datang belum terlalu padat. Tetapi ada peningkatan dibandingkan libur pekan biasa.

Selain itu, peningkatan pengawasan pada musim liburan sudah dimulai sejak 23 Desember 2017 hingga 8 Desember 2018. Namun, hingga saat ini kondisi wisatawan masih aman dan normal serta pihaknya belum menerima laporan adanya pelancong yang mengalami kecelakaan laut.

Pada pengamanan ini pihaknya juga berkoordinasi dengan petugas lainnya seperti dengan anggota TNI, Polres Sukabumi, relawan SAR daerah, Basarnas Pos Sukabumi dan lain-lain yang juga dibantu anggota Pramuka Peduli dan PMI Kabupaten Sukabumi.

"Kami juga terus memberikan imbauan kepada wisatawan yang tengah beraktifitas di objek wisata laut agar mentaati apa yang sudah diimbaukan penjaga pantai. Apalagi saat ini gelombang laut masih cukup tinggi dan cuaca bisa berubah cepat yang awalnya cerah tiba-tiba turun hujan deras," tambahnya.

Sementara, Ketua Forum Koordinasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi Okih Fajri Assidiqie mengatakan pihaknya juga sudah menyiagakan personelnya di beberapa titik objek khususnya di lokasi yang dipadati wisatawan.

Lanjut dia, dari pemantauannya di beberapa objek wisata laut kondisi wisatawan masih normal. Diperkirakan jumlah yang datang tidak akan terlalu padat pada libur akhir pekan dan Natal ini, walaupun sekarang arus wisatawan yang datang sudah mulai ada peningkatan.

"Kami perkirakan kepadatan wisatawan akan terjadi pada perayaan malam tahun baru nanti. Tapi, meski demikian kami tetap meningkatkan pengamanan agar tidak wisatawan yang mengalami kecelakaan laut seperti tenggelam atau hilang terbawa arus laut," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement