Jumat 22 Dec 2017 12:30 WIB

Jalan Jatibaru Tanah Abang Mulai Ditutup Hari Ini

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Andi Nur Aminah
 Pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Jatibaru kawasan pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Jatibaru kawasan pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan DKI Jakarta bekerjasama dengan Pemerintah Kota Jakarta Pusat dan Kepolisian, hari ini akan mulai menutup Jalan Jatibaru Tanah Abang, Jakarta Pusat, untuk coba mengatasi kemacetan di wilayah tersebut. Meskipun penutupan jalan itu mengundang beragam reaksi di masyarakat, pemerintah tetap melakukannya dan telah membuat rekayasa lalu lintasnya.

Jalan itu akan digunakan untuk 400 tenda pedagang kaki lima (PKL). Terkait hal tersebut, polisi juga akan turun ke lapangan untuk memberikan bantuan penjagaan di sekitar lokasi. "Kalau untuk kegiatan seperti itu kita pasti ada bantuan. Polsek kita bantu turunkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, Jumat (22/12).

Argo mengatakan, jumlah personel yang akan dikerahkan tergantung kebutuhan di lokasi tersebut. Ada kemungkinan satu pleton (30 orang) personel. "Polsek itu berapa mungkin satu peleton ya bisa. Situasional di lapangan," ujar dia.

Sementara Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono telah menginformasikan rekayasa lalu lintas (lalin) selama penutupan jalan berlangsung. Penutupan jalan di sisi Timur dan sisi Barat akan berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Lalin kendaraan dari Timur dan Utara akan dialihkan ke Jalan KS Tubun Raya, Jalan Kebon Jati, dan seterusnya. Lalin kendaraan dari Selatan dialihkan ke Jalan Kebon Jati, Jalan KH Mas Mansyur, dan seterusnya. "Untuk feeder Transjakarta akan melalui ruas Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Kebon Jati-Jalan Jembatan Tinggi, lalu Jalan KS Tubun Raya-Jalan Kebon Jati-Jalan KH Mas Mansyur," ujar Lukman kepada Republika.co,id, Jumat (22/12).

Untuk diketahui, Pemda DKI Jakarta akan memulai untuk melakukan penataan dengan konsep baru di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tanah Abang yang sebelumnya semrawut, akan diubah dengan menyinergikan moda transportasi massal dan pusat perdagangan.

Penataan jangka pendeknya, Pemprov DKI Jakarta akan memberlakukan penutupan salah satu sisi Jalan Jatibaru Tanah Abang yang digunakan sebagai lokasi 400 tenda untuk berjualan pedagang kaki lima (PKL). Kemudian sisi satunya, untuk shuttle bus Transjakarta gratis bagi warga yang hendak memutar di kawasan Tanah Abang. Jalan Jatibaru akan dilakukan penutupan sementara mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement