Kamis 21 Dec 2017 13:18 WIB

Kemenhub Imbau Pelancong Akhir Tahun Gunakan Jalur Selatan

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Israr Itah
Jalur selatan. (ilustrasi)
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Jalur selatan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi libur akhir tahun akan ada peningkatan kepadatan lalu lintas. Terutama musim mudik libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di jalur tol, Direktur Angkutan Multimoda Kemenhub Cucu Mulyana mengimbau pemudik agar memanfaatkan jalur selatan. Khususnya pemudik yang akan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Jalur selatan selama ini masih belum banyak dimanfaatkan, masyarakat dapat memantau dan menentukan untuk melewati jalur selatan atau utara," kata Cucu, Kamis (21/12).

Cucu juga berharap tahun depan fungsi BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) sebagai pengawas bisa lebih optimal. Begitu juga dengan pembinaan terminal tipe A dan Unit Pelayanan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB).

 

Dia masih yakin transportasi darat masih bisa diandalkan oleh masyarakat dibandingkan jenis moda lainnya. "Kelebihan kami dibandingkan angkutan udara dan kereta adalah kita melayani door to door service. Seperti kami melaksanakan perjalanan ke Wonosobo, naik pesawat dan kereta tidak dapat langsung sampai ke Wonosobo," jelas Cucu.

Kemenhub memprediksi peningkatan volume kendaraan mudik saat libur Natal 207 pada 22-23 Desember 2017. Sementara pada musim libur Tahun Baru peningkatannya terjadi pada 30-31 Desember 2017. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement