Jumat 24 Nov 2017 05:46 WIB

Indonesia Kirim 134 Pramuka Ikuti Jambore ASEAN di Filipina

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Hazliansyah
Adhyaksa Dault - Ketua Kwarnas Pramuka
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Adhyaksa Dault - Ketua Kwarnas Pramuka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengirim 134 anggota untuk mengikuti Jambore ASEAN VI di Taman Energi, Apokon, Kota Tagum, Davao del Norte, Filipina pada 27 November-2 Desember 2017.

"Anggota Gerakan Pramuka yang akan mengikuti Jambore ASEAN di Filipina," kata Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (23/11).

Ia mengatakan anggota Gerakan Pramuka menjadi duta Indonesia di ajang tersebut. Ia berpesan para anggota menyampaikan hal-hal positif tentang Gerakan Pramuka dan Indonesia.

Adhyaksa menjelaskan anggota mengemban misi khusus di ajang Jambore ASEAN VI. Ia mensyaratkan anggota harus mengenal Indonesia lebih dalam, mempelajari kembali Indonesia, serta menyampaikan kekayaan budaya, wisata, dan potensi Indonesia kepada dunia internasional, khususnya negara-negara ASEAN.

Adhyaksa mengatakan selama ini anggota Gerakan Pramuka diminta mengamalkan Dasa Dharma. Tujuannya, menjaga dan melindungi Tanah Air Indonesia.

Wakil Ketua Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Dewasa, Susi Yuliati meminta tim mengambil hikmah dari penyelenggaraan Jambore ASEAN di Filipina. Ia juga berharap kontingen Indonesia menjadi terbaik.

"Tunjukkan keunggulan dan prestasi tinggi di arena Jambore, perkenalkan Indonesia kepada negara-negara ASEAN," ujar Susi.

Pimpinan Kontingen Pramuka di Jambore ASEAN, Achmad Mardiyanto menjelaskan kontigennya akan berangkat pada 25 November 2017 malam. Kontingen dijadwalkan tiba di Davao del Norte, Filipina pada 26 November 2017.

Achmad menyebut kontingen berjumlah 134 orang, terdiri dari 105 orang peserta dari 10 Kwarda. Selain itu, terdapat 16 orang pembina pendamping, 10 orang tim manajemen kontingen (CMT), terdiri dari empat orang Kwarnas dan enam orang dari Saka Widya Budaya Bakti (Kemendikbud).

Jambore ASEAN menggelar sejumlah kegiatan, seperti, ASEAN Scouts Culture Ninght, ASEAN Scouts Youth Forum, ASEAN Got Talents2, Scouts Rally, Global Village Development, dan lain-lain. Kegiatan Asean Scouts Culture Night menampilkan budaya dari seluruh peserta Jambore.

"Indonesia sendiri mengusulkan enam penampilan budaya di atas panggung," kata Achmad.

Umi Nur Fadhilah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement