Kamis 23 Nov 2017 12:41 WIB

PVBMG Belum Berencana Naikkan Status Gunung Agung

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Bayu Hermawan
Gunung Agung memuntahkan abu vulkanik di Karangasem, Bali, (21/11).
Foto: EPA-EFE/ BNPB
Gunung Agung memuntahkan abu vulkanik di Karangasem, Bali, (21/11).

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGASEM -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral belum berencana menaikkan kembali status Gunung Agung ke level selanjutnya. Gunung Agung terakhir kali diturunkan statusnya dari awas (level empat) ke siaga (level tiga) 29 Oktober 2017.

"Belum ada rencana menaikkan status Gunung Agung dari level saat ini," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVBMG, I Gede Suantika, Kamis (23/11).

PVMBG saat ini terus memantau kondisi terkini gunung tertinggi di Pulau Dewata tersebut. Pihak terkait baru akan mengevaluasi kenaikan status jika terindikasi atau terjadi letusan besar.

Suantika memproyeksikan letusan freatik pertama yang terjadi Selasa (21/11) petang masih membutuhkan waktu hingga mencapai letusan utama atau magmatik. Gunung api yang aktivitas vulkaniknya meningkat setelah letusan freatik biasanya akan memasuki fase selanjutnya, yaitu letusan freatomagmatik, kemudian puncaknya letusan magmatik.

Tim khusus dari PVMBG Rabu (22/11) sudah mengambil sampel abu vulkanik yang dikeluarkan Gunung Agung di Desa Nawakerti, Karangasem. Suantika mengatakan sampel yang sudah diambil akan dibawa dan diteliti di laboratorium di Yogyakarta.

"Penelitian ini membutuhkan waktu setidaknya sebulan," ujarnya.

Abu vulkanik yang keluar saat terjadi letusan freatik Gunung Agung beberapa hari lalu bisa berasal dari batuan samping atau langsung dari perut magma. Sejauh ini Suantika menilai intensitas ketebalan abu masih tipis sehingga belum begitu membahayakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement