Kamis 16 Nov 2017 19:30 WIB

Makam Ibu Fatmawati akan Direnovasi

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah
Kondisi makam Fatmawati Soekarno yang sedang diperbaiki di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak, Kamis (16/11).
Foto: Republika/Inas Widyanuratikah
Kondisi makam Fatmawati Soekarno yang sedang diperbaiki di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak, Kamis (16/11).

REPUBLIKA.CO.ID, Fatmawati Soekarno. Nama yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, ia adalah sosok perempuan penting yang menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih, bendera pertama Indonesia yang dikibarkan pada Hari Proklamasi 17 Agustus 1945.

Kini, jenazah Fatmawati bersemanyam di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak. Bersampingan dengan makam kedua orang tuanya, H Hasanudin Bin Basaruddin dan Chadidjah Hasanudin. Makam tersebut dikelilingi marmer putih. Di samping makam, terukir tulisan di atas sebuah tiang hitam setinggi pinggang manusia, yang bunyinya "Makam Pahlawan Nasional Hj Fatmawati Penjahit Bendera Pusaka Merah Putih."

Ketika Republika.co.id berkunjung ke makam tersebut Kamis (16/11), makam itu terlihat sedang diperbaiki. Terlihat sejumlah pekerja sedang mengecat ulang beberapa bagian tembok yang kotor. Sebuah jalan setapak sedang dalam tahap penyelesaian. Jalan tersebut menurut petugas renovasi Makam Ibu Fatmawati, Aris Budianto akan menjadi jalan dari pintu masuk TPU ke makam Ibu Fatmawati. "Iya ini sedang dibikin jalan khusus dari pintu masuk ke makam Ibu Fatmawati," ujar Aris saat ditemui di lokasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement