Selasa 23 May 2017 15:40 WIB

Taman Makam Pahlawan di Solo Dijadikan Destinasi Wisata

Rep: Andrian Saputra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Prajurit TNI melintas diantara makam pahlawan usai upacara Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Selasa (10/11).   (Republika/Wihdan)
Prajurit TNI melintas diantara makam pahlawan usai upacara Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Selasa (10/11). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Jurug diproyeksikan menjadi salah satu destinasi wisata di Solo. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo usai melakukan ziarah memperingati hari kebangkitan nasional pada Senin (22/5).

“Kami ingin taman makam pahlawan Kusuma Bhakti ini menjadi lebih baik sehingga ke depannya bisa menjadi tempat wisata religi untuk warga,” tutur Rudyatmo.

Kendati demikian, kata dia, terlebih dulu Pemerintah Kota Solo akan melakukan pembenahan penataan TMP Kusumma Bhakti. Untuk itu saat ini, Pemkot Solo sedang menyelesaikan proyek perencanaan fisik untuk menjadikan TMP Kusuma Bhakti menjadi tempat wisata.

Rudyatmo melihat TMP Kusuma Bhakti belum tertata dengan baik, terlebih sejumlah fasilitas seperti penerangan jalan yang masih kurang. Untuk itu kata dia diperlukan lebih banyak penerangan di area makam. Selain itu, untuk mempercantik lokasi, Pemkot Solo juga akan membangun Pendopo di lokasi tersebu. Dia berharap TMP Solo bisa secantik taman makam pahlawan di Kalibata, Jakarta Selatan.

Dengan penataan tersebut diharapkan kesaan angker di TMP Kusumma Bhakti bisa hilang dan masyarakat antusias berkunjung ke tempat tersebut. “Sehingga TMP juga bisa dijadikan tempat edukasi baagi anak-anak sekolah,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement