Sabtu 21 Sep 2019 05:28 WIB

Purwakarta Siapkan Rp 2,5 M untuk Renovasi Makam Pahlawan

Pemkab klaim banyak perbaikan sehingga anggaran renovasi Taman Makam Pahlawan besar

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Kepala Bidang Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum pada Distarkim Purwakarta, Kosasih
Kepala Bidang Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum pada Distarkim Purwakarta, Kosasih

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta mengusulkan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar untuk renovasi Taman Makam Pahlawan Sirna Raga.

Kepala Bidang Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum pada Distarkim Purwakarta, Kosasih mengatakan, anggaran itu akan diusulkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Purwakarta tahun 2020.

Besaran anggaran yang diusulkan dinilai tepat mengingat keperluan untuk perbaikan makam para pejuang itu juga cukup besar. "Di sana makam perlu perbaikan cukup banyak, jadi kita usulkan Rp 2,5 miliar," ujar Kosasih saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (20/9).

Dia menyebut, umumnya kerusakan terjadi pada bagian batu nisan habis dimakan usia. Sehingga perlu ada perbaikan agar kondisinya tetap dalam keadaan baik." Harus kita rawat, kita jaga, kalau bukan kita siapa lagi," ujar dia.

Kosasih mengaku sejauh ini telah ada empat petugas yang merawat taman makan pahlawan, kerusakan terjadi bukan karena tidak diperhatikan, melainkan memang sudah perlu ada perbaikan.

Untuk itu, kosasih pun berharap anggaran yang diusulkan dapat terealisasi mengingat kondisi batu nisan makan cukup memprihatinkan.

"Pengennya seperti Taman Makam Pahlawan Kalibata di Jakarta Selatan. Mudah-mudahan usulan kami diterima," kata dia.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement