Sabtu 04 Nov 2017 08:48 WIB

Emil Unggul di Survei, Peneliti: Peta Dukungan Bisa Berubah

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Survei yang dilakukan oleh Indo Barometer menyatakan bahwa kandidat calon gubernur di Pilgub Jawa Barat 2018 dengan peluang menang terbesar saat ini adaah Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil atau Emil.

"Hal ini berdasarkan tingkat elektabilitas dari berbagai variasi simulasi dibanding kandidat lainnya," kata Peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli di Bandung, Jumat (3/11).

Namun demikian, kata Hadi, Pilgub Jawa Barat 2018 masih sangat dinamis mengingat pelaksanaan pilkada masih di bulan Juni 2018. "Terlebih, jika masing-masing calon telah mendapatkan tiket resmi dari partai politik, tidak menutup kemungkinan peta dukungan akan berubah," kata dia.

Menurut dia, elektabilitas Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi dalam survei tersebut naik sedangkan elektabilitas Deddy Mizwar malah turun. "Emil dan Dedi Mulyadi (elektabilitasnya) naik, Demiz turun. Emil elektabilitasnya di atas 40 persen selisihnya hampir 20 persen dibandingkan calon yang lainnya," kata dia.

Ia menuturkan survei dilaksanakan di Provinsi Jawa Barat pada tanggal 11 hingga 15 Oktober 2017 dengan jumlah responden sebanyak 800 orang dcngan margin of error kurang lebih 3.46 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Ada tiga alasan keunggulan Ridwan Kamil dibandingkan calon lainnya, kata dia, yakni pertama Ridwan Kamil sudah dikenal dan paling disukai, kedua Ridwan Kamil unggul dalam evaluasi kepribadian dan kemampuan dan yang ketiga ridwan kamil sesuai dengan selera (alasan) masyarakat Jawa Barat dalam memilih calon gubernur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement