Kamis 02 Nov 2017 09:40 WIB

Bima Arya ke Jakarta Naik Bus Premium Bogor-Jakarta

Penumpang memasuki ruang dalam bus Transjabodetabek saat berhenti di halte bus (ilustrasi)
Foto: Antara/Risky Andrianto
Penumpang memasuki ruang dalam bus Transjabodetabek saat berhenti di halte bus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto hari ini, Kamis, menggunakan bus Premium Transjabodetabek Bogor-Senayan untuk berangkat kerja ke wilayah Jakarta, Kamis (2/11). "Mau uji coba sekaligus ada agenda hadiri acara di Jakarta juga," kata Bima.

Bima berangkat bersama rombongannya didampingi Kepada Dinas Perhubungan Rakhmawati dari Pool Damri (Botani Square) mengambil jam keberangkatan pukul 06.00 WIB atau pemberangkatan terakhir dari Bogor. Hari ini Bima dijadwalkan menghadiri acara peluncuran aplikasi "Tech in Asia" 2017 yang berlangsung di JCC Jakarta pukul 13.00 WIB.

Selain untuk uji coba, Bima menjejal bus Premium Bogor-Senayan untuk melihat kelancaran jalur serta hambatan yang mungkin ada di lapangan. Ia juga melakukan pemetaan jenis penumpang yang menaiki bus tersebut, dengan melakukan wawancara, menanyakan tempat tinggal dimana, Bogor di wilayah mana, dan bekerja di mana. "Kita tanyakan dulunya naik apa kalau berangkat kerja ke Jakarta," katanya.

Menurut Bima hari ini jumlah penumpang lumayan banyak. Pada hari pertama uji coba jumlah penumpang hanya tiga orang. Kini ada sekitar 14 orang yang menaiki bus bersama dirinya. "Tiap hari ada penambahan penumpang, hari pertama cuma tiga orang, sekarang sekitar 14 orang," kata Bima.

Bus Premium Bogor-Senayan resmi diujicobakan pada 31 Oktober 2017 kemarin. Total ada tiga bus yang dioperasikan, berangkat dari Pool Damri (Botani Square) menuju Plaza Senayan, Jakarta Selatan.

Bus diberangkatkan pada jam-jam tertentu yakni dari Bogor menuju Jakarta berangkat pukul 05.00, 05.30 dan 06.00 WIB. Lalu dari Jakarta menuju Bogor pada pukul 16.00, 16.30 dan 17.00 WIB.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bogor Jimmy Hutapea menyebutkan bus premium tersebut memiliki kapasitas 44 tempat duduk, dengan tarif Rp 35 ribu per orang. Dalam perjalanannya bus Transjabodetabek Bogor-Senayan menggunakan jalur khusus, menyediakan fasilitas tempat pengisi daya ponsel serta jaringan internet gratis (wifi).

"Bus diujicobakan selama dua pekan dari 31 Oktober sampai 10 November, untuk melihat kelancaran jalur khusus di jalan tol, serta animo masyarakat beralih menggunakan moda transportasi publik ini," kata Jimmy.

Bus Premium Bogor-Senayan merupakan program dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Selain Bogor, bus tersebut telah lebih dulu dioperasikan di Bekasi pada September 2017 lalu.

Rencana pengoperasian bus premium untuk mendukung peningkatan mobilitas warga Bogor dan sekitarnya yang bekerja di Jakarta melalui sarana transportasi yang handal. Kebutuhan sarana transportasi yang handal sudah menjadi keharusan karena, saat ini moda transportasi KRL sudah cukup padat. Pengguna commuter line kini sudah hampir melebihi target.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement