Ahad 29 Oct 2017 16:34 WIB

2 Kapal Karimunjawa Bantu Evakuasi Penumpang KM Dharma

Suasana di Karimunjawa.
Foto: kemenpar
Suasana di Karimunjawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JEPARA -- Dua kapal dari Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah turut diterjunkan ke lokasi terbakarnya kapal penumpang KM Dharma Kencana II yang berada di 47 mil barat laut Pulau Karimunjawa, Ahad pagi (29/10).

Menurut Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Karimunjawa Rian Ticen di Jepara, setelah mendapatkan informasi terbakarnya KM Dharma Kencana II dengan rute pelayaran Semarang-Pontianak pada Ahad (29/10) pukul 04.15 WIB. Dua kapal  untuk misi kemanusian yang kebetulan berada di Pelabuhan Karimunjawa diberangkatkan ke lokasi.

Kedua kapal yang menuju lokasi kebakaran, yakni kapal Pelni Kelimutu dan Ekspres Bahari. Keberangkatan kedua kapal tersebut untuk membantu evakuasi penumpang KM Dharma Kencana II. Untuk KM Kelimutu berangkat dari Karimunjawa sekitar pukul 07.00 WIB, sedangkan KM Ekspres Bahari berangkat dari Karimunjawa pukul 08.00 WIB.

KM Ekspres Bahari membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dari Karimunjawa menuju lokasi kejadian. Sedangkan KM Kalimutu membutuhkan waktu sekitar empat jam.

"Informasinya, kapal yang diangkut KM Dharma Kencana tersebut hanya 114 penumpang dewasa, sehingga kehadiran kedua kapal tersebut sangat cukup untuk evakuasi penumpang," ujarnya.

Apalagi dari Pelabuhan Semarang juga dikirimkan kapal bantuan, seperti dari Basarnas dan beberapa pihak yang turut serta membantu evakuasi penumpang kapal. Hingga kini, dirinya belum bisa memastikan posisi kedua kapal yang membantu evakuasi penumpang kapal yang terbakar.

Saat Alami Musibah, KM Dharma Kencana II Angkut 46 Kendaraan

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement