Ahad 29 Oct 2017 15:38 WIB

Saat Alami Musibah, KM Dharma Kencana II Angkut 46 Kendaraan

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ani Nursalikah
Awan hitam menyelimuti langit di perairan laut Jawa.
Foto: Antara/Umarul Faruq
Awan hitam menyelimuti langit di perairan laut Jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kapal Motor (KM) Dharma Kencana II yang terbakar di Laut Jawa, Ahad (29/10) pagi mengangkut 166 orang penumpang dan awak kapal serta 46 unit kendaraan bermotor.

Data Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor SAR Semarang menyebutkan, diantara para penumpang ini terdapat tiga orang anak-anak dan seorang bayi. Kebakaran terjadi saat kapal yang dinahkodai Bambang Tri ini sedang dalam pelayaran dari Tanjung Emas Semarang menuju pelabuhan Pontianak.

Musibah terjadi pada posisi 05.04.8 S 109.53.97 E, kurang lebih 45 mil Barat Laut kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Selain membawa 114 orang penumpang, kapal nahas ini juga mengangkut 20 unit kendaraan bermotor golongan 2, delapan unit kendaraan golongan 3, 17 unit kendaraan golongan V, serta satu unit kendaraan bermotor golongan IV.

Seluruh penumpang sudah meninggalkan kapal dengan menggunakan alat keselamatan yang ada di kapal dan tengah dievakuasi menuju Kumai.

"Pada Ahad pukul 05.30 WIB kebakaran sudah mencapai top deck (dek atas) kapal Dharma Krncana II," jelas Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang Nur Isrodin, Ahad.

Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Marwansyah mengatakan, KM Dharma Kencana II berangkat dari Tanjung Emas Semarang Sabtu pukul 17.00 WIB. Namun kapal tujuan Pontianak ini mengalami kebakaran di Laut Jawa, tepatnya posisi 05.04.8 S 109.53.97 E, zekitar 45 mil Barat Laut kepulauan Karimunjawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement