Kamis 26 Oct 2017 22:12 WIB

Mirip Maldives, Widi Siap Jadi Destinasi Wisata Nasional

Kepulauan Widi di Halmahera Selatan disebut-sebut sebagai Maldives-nya Indonesia.
Foto: Dok Pemkab Halsel
Kepulauan Widi di Halmahera Selatan disebut-sebut sebagai Maldives-nya Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BABANG -- Bupati Halmahera Selatan  Bahrain Kasuba meminta kepada Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan untuk menjadikan Kepulauan Widi  menjadi salah satu kawasan destinasi wisata nasional.

"Kemarin kami sampaikan kepada Menko Kemaritiman untuk dapat menetapkan Kepulauan Widi sebagai salah satu destinasi wisata nasional," jelas Bupati Bahrain di sela-sela penyelenggaraan Widi International Fishing Tournament (WIFT) 2017, Kamis (26/10).

Luhut datang mewakili Presiden Jokow Widodo yang urung hadir membuka WIFT 2017 di Kepulauan Widi, Halmahera Selatan, Maluku Utara, 25-29 Oktober 2017. Bahrain menyebut saat ini, Kepulauan Widi tengah menjadi perbincangan publik, karena keindahan alamnya berbalut pasir putih, sehingga disebut-sebut sebagai Maldives-nya Indonesia.

"Salah satu wilayah kepulauan kami yang lagi jadi perbincangan, Pulau Widi merupakan satu gugusan yang terdiri dari kurang lebih 120 pulau kecil dengan hamparan pasir putih yang saling terhubung satu sama lain dan memiliki alam yang sangat indah.  Sehingga,  banyak yang menyebutnya sebagai Maldives-nya Indonesia," urai Bahrain dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (26/10).

Bupati  menjabarkan,  salah satu tujuan diselenggarakannya WIFT 2017 adalah untuk memperkenalkan kekayaan wisata bahari sekaligus promosi potensi perikanan dan kelautan yang ada di Kabupaten Halsel dan Provinsi Maluku Utara.

Bahrain menjelaskan,  keunikan Pulau Widi terletak pada 99 pulau kecil yang berjejeran ketika air laut pasang, serta hamparan pasir putih mengaitkan satu pulau ke pulau yang lain. Terdapat pula danau air tawar di tengah pulau yang sangat cocok bagi berjiwa petualang.

"Banyak ikan berdiam di sini, membuat masyarakat nelayan sekitar Kecamatan Gane Luar dan Gane Timur, bergantung hidup di Widi sebagai mata pencarian utama mereka," ungkap dia.

Usai pembukaan, Menko Luhut menilai,  Halmahera Selatan memiliki potensi bahari yang luar biasa. Ia mengemukakan, sektor pariwisata menjadi primadona. "Halmahera daerah yang aman dan sangat indah. Ini sangat baik untuk pariwisata,” papar Luhut.

Ia meminta kepada pemerintah daerah untuk terus menggenjot potensi pariwisata yang belum tergarap dengan baik. Luhut menegaskan, pengembangan sektor pariwisata bukan hanya tugas pemerintah pusat semata. "Semua bersatu membangun destinasi wisata. Apalagi Maluku Utara punya banyak pulau bagus," kata Luhut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement