Senin 23 Oct 2017 07:45 WIB

Kuda Hitam di Pilgub Sumsel, Irwansyah Bakal Jadi Rebutan

Hendri Satrio
Hendri Satrio

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio memprediksi Wali Kota Pangkalpinang M Irwansyah akan menjadi  kuda hitam di bursa cagub cawagub Sumsel. Irwansyah bakal jadi rebutan di menit akhir jelang pendaftaran cagub Sumsel.

Hendri Satrio menururkan saat ini peta menuju Pilgub Sumsel masih cair. Belum ada kandidat yang jelas bakal menang.

Kesimpulan ini didapat pasca diskusi yang diselenggarakan Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI). "Sumatera Selatan merupakan salah satu Provinsi yang masuk dalam survei nasional September lalu. Beberapa calon Sumsel yang sudah ada saat ini berada dalam tatanan hampir sama secara elektabilitas dalam pertanyaan terbuka," kata Hendri yang juga direktur eksekutif Kedai Kopi kepada Republika.co.id.

Dijelaskannya, publik menyebutkan nama-nama yang memang sudah lama beredar jelang Pilgub Sumsel. Seperti Aswari Riva'i, Syahrial Oesman, Herman Deru, Dodi Alex dan Azwari. 

"Justru yang mengejutkan adalah munculnya nama-nama baru seperti Irwansyah dan Giri Ramanda," kata Hendri. Dua nama terakhir, lanjut Hendri, bakal jadi kuda hitam penentu konstelasi Pilgub Sumsel.

Irwansyah dan Giri Ramanda, kata Hendri, justru dianggap akan jadi penentu pemenang Pilgub Sumsel lantaran memiliki massa loyal yang cukup besar. 

"Dua nama ini diprediksi akan menjadi rebutan Cagub lain untuk mendampingi mereka meski dengan catatan hanya bila Wawan (panggilan Irwansyah) dan Giri cukup legowo untuk maju jadi Cawagub," prediksinya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement