Rabu 11 Oct 2017 18:31 WIB

Setya Novanto 'Menghilang' Usai Pimpin Rapat Pleno Golkar

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua DPR Setya Novanto
Foto: Antara/ Akbar Nugroho Gumay
Ketua DPR Setya Novanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto tiba-tiba menghilang usai memimpim Rapat Pleno Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar pada Rabu (11/10). Novanto tak nampak dari barisan pimpinan pengurus Partai Golkar yang memberikan keterangan pers hasil rapat Pleno Partai Golkar.

Padahal Novanto yang memimpin langsung rapat dengan agenda membahas persiapan HUT ke-53 Partai Golkar, rapat kerja nasional (Rakernas), dan pelaksanaan perekrutan calon anggota legislatif Partai Golkar.

Namun kepergian Novanto dari ruang pleno tersebut tidak diketahui oleh para awak media yang sudah menunggunya di pintu utama Aula Besar DPP Partai Golkar, tempat Novanto pertama kali masuk. Novanto diduga keluar ruang rapat pleno yang digelar tertutup tersebut melalui pintu samping sebelum konferensi pers digelar.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham membenarkan Novanto terburu-buru meninggalkan rapat pleno. "Tadi dia cepat-cepat pergi, karena itu ditugaskan ke saya, (menyampaikan hasik rapat)," ujar Idrus di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta pada Rabu (11/10).

Ia mengatakan, Novanto memang ada kepentingan lain sehingga meninggalkan rapat pleno lebih dahulu. Namun demikian, ia tidak mengungkapkan detail kemana tujuan Novanto tersebut.

Ia justru menekankan, bahwa penjelasan hasil rapat memang tidak harus dilakukan oleh ketua umum. Namun, sekjen sebagai juru bicara partai yang diputuskan dalam rapat pleno bisa ditugaskan untuk menyampaikan.

"Di Golkar itu tidak harus Ketum, Sekjen ini sebagai juru bicara partai yang diputuskan dalam rapat pleno maka apabila ada penyampaian seperti itu maka sekjen ditugaskan, apalagi," ujarnya.

Setya Novanto kembali aktif memimpin Partai Golkar pasca sakitnya kurang lebih sebulan terakhir. Keaktifan Novanto tersebut ditandai saat Novanto memimpim rapat pleno Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar pada Rabu (11/10) siang hari ini.

Saat memasuki aula besar Kantor DPP Golkar, tempat berlangsungnya rapat pleno, Novanto nampak dijaga ketat para anggota sayap Partai Golkar, AMPG dan petugas kepolisian. Ia juga didampingi pengurus Partai Golkar lainnya antara lain Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham, Korbid Kesra Roem Kono, Ketua DPP Partai Golkar Nurul Arifin.

Ia mengaku sudah sehat dan siap memimpin rapat pleno Partai Golkar. "Saya sehat," ujar Novanto di DPP Golkar, Anggrek Neli, Slipi Jaya sejak pukul 11.00 WIB Novanto juga nampak sumringah saat ditanyai awak media soal kesiapannya memimpin rapat pleno perdananya tersebut.

"Ya ini pertama kali saya harus memimpin rapat mudah-mudahan semuanya bisa berjaan lancar. Alhamdulillah semuanya," ujar Novanto yang mengenakan kemeja kuning Partai Golkar tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement