Rabu 11 Oct 2017 18:19 WIB

Megawati Segera Umumkan Cagub Jatim, Risma Kandidat Kuat

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andri Saubani
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memastikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri akan mengumumkan secara resmi calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Timur yang diusung PDIP, pada Ahad (15/10) mendatang. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini santer disebut menjadi nama calon kuat yang akan diumumkan Megawati.

Nama Risma ini juga tidak dibantah oleh Hasto ketika ditanya wartawan. "Bu Risma dinilai oleh masyarakat Surabaya sebagai pemimpin yang berhasil dan partai sendiri menilai bu Risma mampu menjalankan Pancasila dengan baik platform PDI Perjuangan," ungkap Hasto usai mendaftar ke KPU, Rabu (11/10).

Salah satu yang menjadi keberhasilan dari sosok Risma, kata Hasto, soal gagasan smart city dan green city. Gagasan itu, menurutnya sangat sejalan dengan apa yang menjadi perhatian Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Soal siapa yang akan menjadi cawagub, apakah Gus Ipul (Syaifullah Yusuf). Hasto enggan untuk mengungkapkannya. "Siapa yang akan diumumkan nanti menunggu dari kewenangan dari Ibu Mega yang akan mengumumkan nanti tanggal 15," terangnya.

Namun, ia memastikan PDIP bukan hanya mengumumkan cagub Jawa Timur, tapi juga akan mengumumkan cawagub. Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menambahkan PDIP setiap mengumumkan calon kepala daerah yang diusung selalu mengedepankan asas kolektivitas. Itu sebabnya, deklarasi tidak pernah individual, tapi pasangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement