Senin 09 Oct 2017 20:50 WIB

Belasan Hektare Areal di Gunung Rinjani Terbakar

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kebakaran lahan gambut (ilustrasi)
Foto: Antara
Kebakaran lahan gambut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Balai TNGR melaporkan adanya kebakaran di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Kepala Balai TNGR Agus Budi Santoso mengatakan, informasi kebakaran didapat Balai TNGR dari laporan warga melalui telepon pada Senin (9/10) sekitar pukul 13.17 Wita.

"Berdasarkan laporan tersebut, lokasi yang terbakar berada di Bukit Telaga, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)," ujar Agus, Senin (9/10) malam.

Agus menaksir luas area yang terbakar sekitar 12 hektare dengan panjang lebih dari 1 km. Berangkat dari laporan tersebut, Balai TNGR bersamaKoramil Sembalun, Polsek Sembalun, Tim Siaga Bencana Daerah Sembalun, Masyarakat Peduli Api, dan Masyarakat Mitra Polhut terjun ke lokasi kejadianmelakukan pemadaman pada pukul 14.00 Wita.

Agus menyampaikan, hingga pukul 16.30 Wita, api yang mengarah ke perkampungan warga sudah dapat dikendalikan. "Namun api yang berada pada areal yang curam atau tebing sampai saat ini masih ada," lanjut Agus.

Sementara ini, lanjut Agus, tim pemadam melakukan pemantauan karena pertimbangan keselamatan. Mengenai asal usul api, Agus memperkirakan bermula dari pembakaran lahan kebun yang tidak terkendali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement