Selasa 03 Oct 2017 10:15 WIB

Belasan CCTV Berpelantang Ditempatkan di Jalan MH Thamrin

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Andri Saubani
RENCANA TILANG CCTV. Closed Circuit Television (CCTV) terpasang di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Otista Raya, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (22/9).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
RENCANA TILANG CCTV. Closed Circuit Television (CCTV) terpasang di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Otista Raya, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (22/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengungkapkan, Ditlantas telah mengkonfirmasi Dinas Perhubungan perihal pemasangan kamera pengawas (CCTV). Terdapat 14 CCTV yang dipasang di Jakarta. Namun, CCTV berpelantang baru terpasang di ruas jalan MH Thamrin.

Menurut Budiyanto, sarana CCTV dengan pengeras suara termasuk klasifikasi sarana elektronika. Hal tersebut tertuang dalam UU No 22 2009 tentang Lalu lintas dan angkutan jalan dan UU No 11 2008 tentang ITE. "Regulasi payung hukum memang sudah ada namun untuk melaksanakan penegakan hukum dengan CCTV speaker dgn pengeras suara perlu perencanaan dan persiapan beberapa aspek," ujar Budiyanto pada Republika, Selasa (3/10).

Persiapan yang dimakasud adalah, peralatan elektronik CCTV speaker pengeras suara perlu kalibrasi untuk memastikan validitasnya, persiapan petugas, kordinasi dengan CJS, perlu SOP, pengintegrasian kendaraan bermotor, dan pelaksanaan perlu dilakukan bertahap. Dalam proses penegakan hukum berkaitan dengan pelanggaran lalu lintas, ada yang bersifat represif yusticial berupa tilang atau dengan represif non yusticial berupa teguran lisan & tertulis.

Adapun dalam pesan tertulis yang diterima Republika, CCTV itu ditempatkan di titik berikut:

1.PTZ - Kebon Sirih Thamrin

2.PTZ - Patung Kuda

3.PTZ - Hotel Milenium

4.PTZ - Sunan Giri

5.PTZ - Harmoni

6.PTZ - TU Gas

7.PTZ - Blok Y1 - Jl. Panjang

8.PTZ Blok A13 - Jl. Panjang

9.PTZ Kedoya Pesing - Jl. Panjang

10.PTZ Sunrise Garden - Jl. Panjang

11.PTZ - Kedoya Green Garden - Jl Panjang

12.PTZ - Kedoya Duri - Jl. Panjang

13.PTZ - Lapangan Bola - Jl. Panjang

14.PTZ - Pos Pengumben - Jl. Panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement