Jumat 29 Sep 2017 13:46 WIB

Wakapolda Minta Semua Personel Maksimal Amankan Aksi 299

Rep: Ali Yusuf/ Red: Bayu Hermawan
Sekitar 20 ribu personel Kepolisian melakukan persiapan menjelang aksi 299 di DPR/MPR, Jumat (29/9). Aksi ini bentuk penolak kebangkitan PKI.
Foto: Republika/Sri Handayani
Sekitar 20 ribu personel Kepolisian melakukan persiapan menjelang aksi 299 di DPR/MPR, Jumat (29/9). Aksi ini bentuk penolak kebangkitan PKI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Kepala Polisi Polda Metro Jaya Brigjen Purwadi meminta semua personel maksimal mengaman aksi 299. Semua tindakan harus terukur dan terencana demi melindungi setiap peserta aksi yang menyampaikan tuntutannya di depan gedung DPR dan MPR.

"Kami berharap pasukan-pasukan ini dapat bekerja dengan maksimal tegas dan terukur," katanya saat melakukan peninjauan kesiapan personil mengawal aksi, Jumat (29/9).

Purwadi menuturkan, atas perintah Kapolri, setiap perwira di satuan masing-masing mengecek ulang kesiapan dari perlengkapan masing-masing personel yang dibawa untuk mengamankan aksi 299. Hal itu penting demi mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi saat berlangsungnya aksi.

"Hari ini dihadirkan juga atas perintah bapak Kapolri, Kabid provost untuk mengecek secara langsung bagaimana kesiapan, bagaimana persenjataan , bagaimana kelengkapan senjata," ujarnya.

Purwadi memastikan,kegiatan aksi akan berjalan dengan lancar. Untuk itupenggunaan senjata diminimalisirkan. Karena, pada dasarnya, para peserta aksi juga merupakan sodara dan teman satu bangsa dan negara. Untuk itu, pendekatan secara humanis menjadi penting dilakukan.

"Pendekatan humanis tetap di kedepankan dengan tim tim yang sudah dibentuk baik tim negosiasi dan semua sudah kita siapkan. Kita nanti siapkan rencana yangbsudah diharapkan oleh peserta unjuk rasa," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement