Senin 25 Sep 2017 13:20 WIB

HUT Bandung, Emil Gelorakan Semangat Pembangunan Kolaboratif

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar upacara dan sidang paripurna untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kota Bandung. Tepat 25 September ini merupakan puncak perayaan Hari Jadi Kota Bandung ke-207.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menekankan semangat kolaboratif yang harus digelorakan semua elemen baik masyarakat juga pemerintahnya untuk membangun Kota Bandung. Kolaboratif juga menjadi tagline tahun ini agar bersama-sama berperan aktif memberikan kemajuan bagi Kota Bandung.

"Kita merefleksikan di tahun ini 'Bandung Kolaboratif' karena kita tahu Bandung enggak bisa seperti ini tanpa kolaborasi dari warga," kata Ridwan Kamil usai Upacara peringatan HJKB ke-207 di Balai Kota Bandung, Senin (25/9).

Emil, sapaan akrabnya, mengatakan selama ini Pemkot sudah mendorong partisipasi warga lewat Progran Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan (PIPPK) sejak 2015. Masyarakat di tingkat RW dibebaskan menentukan prioritas pembangunan sesuai dengan kebutuhan wilayahnya dengan anggaran yang diberikan Pemkor Bandung.

Meskipun, kata Emil, dalam pelaksanaannya tentu berbagai tantangan terjadi. Namun program ini dinilai Emil sudah memberikan dampak pemerataan pembangunan bagi Kota Bandung.

"Namun kami sanhat bersyukur karena alhamdulillah, dalam kurun waktu tiga tahun ini PIPPK relatif banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat hingga ke pelosok Kota Bandung. Di antaranya perbaikan jalan lingkungan, renovasi rumah tidak layak huni, revitakisasi MCK dan gorong-gorong. Keberhasilan PIPPK ini merupakan wujud asas desentralisasi pembangunan," tutur Emil.

Namun demikian, Emil mengatakan hal tersebut belum selesai. Ia mengajak masyarakat untuk terus aktif membangunKota Bandung. Agar ibu kota Jawa Barat ini lebih maju dan sejahtera.

"Peringatan Hari Jadi bukan sekedar untuk menghitung usia fisik kota, tetapi juga sarana untuk menakar prestasi dan memacu semangat berkarya melalui komitmen menguatkan sinergi aparatur pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat," ujarnya.

Ia menyebutkan Kota Bandung telah mendapatkan berbagai pencapaian dan penghargaan dalam perjalanannya. Ia berharap di sisa masa jabatannya dapat memberikan kontribusi lebih besar untuk kemajuan kota kembang ini.

"Insya Allah kita masih ada dua tahun anggaran, 2017 sedang dibelanjakan dan 2018 akan dibelanjakan. Nah 2 tahun ini akan mengisi target-target yang belum terkejar mudah-mudahan," ucapnya.

Pemkot Bandung menyiapkan berbagai gelaran acara meriah sebagai perayaab HJKB ke-207 tahun. Secara keseluruhan, ada 14 kegiatan besar yang dirangkaikan dengan peringatan HUT Kota Bandung, mulai dari Bandung Great Sale, Bandung Air Show, Bandung Light Festival, hingga pentas Senibandung#1 serta upacara dan sidang paripurna sebagai puncak peringatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement