Sabtu 23 Sep 2017 16:18 WIB

Pramuka Kirim Donasi Ratusan Juta untuk Rohingya

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Nidia Zuraya
Adhyaksa Dault - Ketua Kwarnas Pramuka
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Adhyaksa Dault - Ketua Kwarnas Pramuka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengirimkan hasil donasi dari anggota dan masyarakat umum untuk etnis Rohingya. Gerakan yang dinamai Aksi Bumbung Kemanusiaan untuk Rohingya ini mengumpulkan dana sebesar Rp 238 juta hingga 22 September.

Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault mengatakan, aksi ini sebagai wujud kepedulian Gerakan Pramuka atas bencana kemanusiaan yang terjadi di wilayah Rakhine, Myanmar tersebut. Bantuan akan segera dikirimkan melalui perwakilan Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) yang berada di Myanmar.

"Aksi ini adalah cara Gerakan Pramuka merespons masalah. Pramuka punya kepedulian di mana saja," kata dia di Jakarta, Sabtu (23/9).

Adhyaksa menilai, yang terjadi kepada etnis Rohingya adalah kejahatan kemanusiaan. Pramuka sebagai organisasi kepemudaan hadir membantu mereka atas dasar kemanusiaan pula. Ia menyebut aksi ini akan terus dilakukan selama kekejian yang diterima etnis Rohigya tak dihentikan.

Mantan menteri pemuda dan olahraga ini mengapresiasi langkah diplomasi yang dijalankan pemerintah Indonesia dalam upaya menghentikan penjajahan terhadap etnis Rohingya. Ia juga menyampaikan pujian terhadap aktivis kemanusiaan dari berbagai belahan dunia dalam membantu pengungsi Rohingya.

"Tapi jangan berhenti, kita harus terus doakan dan bantu mereka," ujar Adhyaksa.

Kwarnas Gerakan Pramuka telah mengirim relawan dan bantuannya ke Myanmar pada 29 Agustus 2017 lalu. Bantuan Pramuka dengan menyalurkan hewan kurban sebanyak sembilan ekor sapi dan 15 ekor kambing. Serta sejumlah bantuan bahan pangan seperti beras, lauk pauk, minyak sayur, susu, biskuit, cokelat, dan air bersih.

Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Abdimasgana, Eko Sulistio yang terjun langsung ke Myanmar mengungkapkan ada beberapa kamp pengungsian yang menjadi tempat penyaluran bantuan pramuka, yakni Shan Tho Lee Camp, Lamache Village dan Phia Lhe Song Village.

Menurut Eko, pendistribusian bantuan difokuskan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak di lokasi pengungsian Rohingya. Dari hasil pengamatan di sana, mereka banyak mengalami gizi buruk akut, banyak yang tidak berpakaian, traumatik, susah akses sekolah, akses bermain dan akses kesehatan.

Bantuan dari anggota pramuka maupun masyarakat umum dapat disalurkan melalui nomor rekening 909010100 BNI Cabang Menteng, Jakarta Pusat atas nama Pramuka Peduli. Konfirmasi pengiriman bantuan bisa melalui email; [email protected].

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement