Jumat 04 Aug 2017 14:49 WIB

Solo Jadi Kota Terbaik dalam Pengelolaan Lingkungan

Rep: Andrian Saputra/ Red: Qommarria Rostanti
Walikota Solo, Hadi Rudyatmo.
Foto: Antara
Walikota Solo, Hadi Rudyatmo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kota Solo, Jawa Tengah, kembali dinobatkan sebagai kota dengan pengelolaan lingkungan dan kebersihan terbaik nasional. Kota dengan slogan Spirit of Java ini mendapat apresiasi penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena dinilai mempunyai sejumlah program terobosan dalam hal pengelolaan lingkungan dan kebersihan kota.

"Ya, Solo memperoleh Adipura dari KLHK, ini juga karena peran serta warga dalam menjaga lingkungan dan kebersihan kota, ini yang menjadi poin utama dalam penilaian," kata Rudyatmo di Balai Kota Solo, Jumat (4/8).

Rudyatmo mengatakan apresiasi tersebut diperoleh lantaran Solo berhasil membuat pengelolaan sampah menjadi energi listrik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo. Sejalan dengan itu, Pemkot Solo telah membongkar 53 tempat pembuangan sampah (TPS) di tiap kelurahan. Sebagai gantinya, Pemkot Solo menyediakan layanan jemput sampah warga untuk kemudian diolah menjadi energi listrik di TPA Putri Cempo.

Rudyatmo optimistis, Kota Solo mampu mempertahankan gelar tersebut tahun depan. Terlebih, kata dia, Pemkot Solo saat ini tengah gencar menggaet perusahaan-perusahaan besar untuk turut serta dalam pengelolaan lingkungan. "Dana CSR-nya kami maksimalkan, bisa untuk membangun taman, rumah tak layak huni hingga peningkatan kapasitas penggiat lingkungan," kata Rudyatmo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement