Selasa 01 Aug 2017 23:18 WIB

'Si Dabon' Jadi Maskot Pilkada Kota Cirebon

Pilkada (ilustrasi)
Foto: berita8.com
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Cirebon, Jawa Barat, resmi memiliki maskot yang digunakan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018, yaitu 'Si Dabon' atau Udang Cirebon. "Desain maskot Pilkada Kota Cirebon berupa visualisasi udang, karena ini merupakan sebuah ikon yang sejak dulu melekat erat dan menjadi julukan Kota Cirebon," kata Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani, Selasa (1/8).

Dia menuturkan, udang juga menjadi bagian sejarah panjang yang ikut melekat erat dalam sejarah terbentuknya Kota Cirebon. Menurut dia, maskot Si Dabon atau Udang Cirebon ini merupakan karya Ikhsan Diwono asal Semarang yang juga membuat maskot Pilkada Jakarta 2016.

Selain maskot, pihaknya juga kini telah memiliki jinggel yang digunakan dalam Pilkada 2018. Jinggel tersebut merupakan karya Reza Maulana asal Kecamatan Kedaung. Di mana, Reza juga adalah anggota Polisi Polres Cirebon Kota.

"Kalau untuk jinggel kita juga sudah ada. Namun jinggel tersebut masih harus diperbaiki, terutama dibagian liriknya perlu ada kata-kata yang diganti dan dikurangi," katanya.

Emir menambahkan, proses pemilihan maskot dan jinggel dipilih melalui ajang perlombaan yang dibuka untuk seluruh masyarkat Indonesia. Tunjuannya, untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada tahun 2018. "Langkah ini merupakan salah satu cara mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasi serta membangun rasa memiliki terhadap produk-produk sosialisasi yang dibuat KPU Kota Cirebon," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement