Jumat 28 Jul 2017 10:54 WIB

15 Ribu Anggota Pramuka Siap Padati Cibubur

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Qommarria Rostanti
Dewan Kerja Nasional (DKN) Gerakan Pramuka menggelar rapat koordinasi jelang Raimuna Nasional Gerakan Pramuka 2017
Foto: IST
Dewan Kerja Nasional (DKN) Gerakan Pramuka menggelar rapat koordinasi jelang Raimuna Nasional Gerakan Pramuka 2017

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 15 ribu angggota Pramuka siap memadati Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Anggota Penegak dan Pandega dari 514 kabupaten/kota serta perwakilan peserta dari luar negeri ini akan mengikuti Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka.

Kegiatan bertema Pramuka untuk Masa Depan Indonesia: Kreatif, Inovatif dan Berkarakter ini dilaksanakan pada 13 hingga 21 Agustus 2017. "15 ribu Pramuka dari seluruh Indonesia dan perwakilan luar negeri sudah menyatakan kesediannya berangkat ke Cibubur," ujar Presiden Raimuna Nasional 2017, Robby Zulfandi di Jakarta, Kamis (27/7).

Robby menyebut, para peserta akan membawa baju daerahnya masing-masing untuk ditampilkan pada 17 Agustus 2017. Mereka juga akan memasak makanan khas daerahnya.

"Jadi di Cibubur nanti sama dengan Indonesia mini. Kalau ingin mencari orang dari daerah mana, semuanya ada di sini," kata pria kelahiran Medan, Sumatra Utara ini.

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault mengatakan apabila Pramuka mengadakan kegiatan tingkat nasional, maka semua daerah di Indonesia pasti hadir. Perwakilan dari 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia ada.

Kegiatan lapangan seperti Raimuna Nasional secara langsung mengajarkan kepada peserta tentang kebinekaan dan pentingnya persatuan. "Semua peserta akan pulang membawa daftar nama teman-temannya dari berbagai daerah, kata dia.

Adhyaksa berharap semua alumni Raimuna Nasional menjadi generasi muda yang mempunyai tekad kuat. "Siap mengharumkan dan membela NKRI, mempertahankan Pancasila, dan terlibat dalam perdamaian dunia sepanjang hidupnya, sebagaimana diamanatkan UUD 1945," kata Adhyaksa.

Raimuna Nasional 2017 akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri para menteri di Kabinet Kerja. Di antaranya yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement