Rabu 26 Jul 2017 17:42 WIB

Jokowi Dapat Hadiah Dua Kuda Jantan Sandelwood

Presiden Joko Widodo menunggang kuda Sandelwood yang diberikan masyarakat Sumba Saat mengunjungi Pulau Sumba di Kota Waetabula, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT, Rabu (12/7).
Foto: Antara/Kornelis Kaha
Presiden Joko Widodo menunggang kuda Sandelwood yang diberikan masyarakat Sumba Saat mengunjungi Pulau Sumba di Kota Waetabula, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT, Rabu (12/7).

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Presiden Joko Widodo mendapatkan hadiah dua ekor kuda Sandelwood dari masyarakat Sumba Barat Daya sebagai penghargaan berharga dari warga di daerah itu karena orang nomor satu di Indonesia itu sudah berkunjung ke Pulau Sumba.

"Kami kirimkan dua ekor kuda Sandelwood kepada bapak Presiden Jokowi. Sebelumnya hanya satu tetapi kami berikan satu lagi karena beliau sudah memberikan kami bantuan berupa sejumlah alat-alat pertanian," kata Bupati Sumba Barat Daya Markus D Talu saat dihubungi dari Kupang, Rabu.

Ia mengaku dua ekor kuda Sandelwood, kuda khas Sumba itu semuanya berjenis kelamin jantan sebagai bagian dari penghormataan kepada Jokowi.

Kuda yang pertama, menurutnya diberikan sebagai penghargaan karena Jokowi sudah mau berkunjung ke Pulau Sumba khususnya Sumba Barat Daya setelah sebelumnya pada tahun 60 yang silam Presiden Soekarno pernah berkunjung ke daerah itu.

"Peristiwa kedatangan Jokowi ke Sumba pada saat pembukaan Festival Tenun Ikat dan Penutupan Parade Kuda Sandelwood merupakan momen berharga bagi kami masyarakat di Sumba setelah sekian lama tidak ada presiden yang mau berkunjung ke Sumba," tuturnya.

Kemudian, kuda kedua diberikan kepada Jokowi karena memang Presiden Jokowi telah menyetujui pembangunan jalan sepanjang 100 kilometer dari Kota Weetabula ke sejumlah kawasan wisata di Sumba Barat Daya.

Kemudian juga, ada tambahan 100 buah traktor yang nantinya dapat diberikan kepada masyarakat untuk mengolah lahan pertanian.

Selain mengirimkan dua ekor kuda untuk Presiden Joko Widodo, ia mengaku mengirimkan juga dua ekor kuda untuk Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

"Kami juga kirimkan untuk bapak Kepala Staf TNI AU. Dua ekor kuda dan semuanya jantan. Semua kuda kemarin sudah kami kirimkan," tuturnya.

Untuk mengangkut dua ekor kuda milik Presiden Jokowi dan Kepala Staf TNI AU, ia mengaku diangkut oleh sebuah pesawat Hercules, yang tiba di Bandara Tambolaka pada Selasa (25/7) pukul 08.00 WITA dan berangkat pada pukul 09.00 WITA waktu setempat menuju Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement