Senin 12 Jun 2017 15:44 WIB

Pengacara Ingin Ahok Tetap di Mako Brimob demi Keamanan

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Teguh Firmansyah
Istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Veronika Tan (kanan) didampingi pengacara I Wayan Sudirta.
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Veronika Tan (kanan) didampingi pengacara I Wayan Sudirta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuasa Hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), I Wayan Sudirta mengatakan, sebaiknya aparat hukum konsisten dalam mempertimbangkan pemindahan (eksekusi) Ahok dari Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang. Ini mengingat sebelumnya, Ahok sempat dipindahkan dari Lapas Cipinang, Jakarta Timur ke Rutan Mako Brimob dengan alasan keamanan.

"Justru dari lapas ke Mako itu bentuk keadilan, karena yang lain itu dapatkan keamanan, masa pak Ahok enggak boleh dapat keamanan," ujar Wayan saat diwawancarai Republika.co.id, pada Senin (12/6) melalui sambungan telepon.

Wayan menegaskan, pemindahan Ahok dari Lapas ke Mako semata-mata untuk memastikan keamanan, dan bukan sebuah bentuk pengistimewaan untuk mantan Gubernur Jakarta tersebut. Wayan juga menjelaskan, saat ini Ahok telah mendapatkan keamanan yang layak selama berada di Rutan Mako Brimob.

"Bagi pak ahok, keamanan dapat diperoleh, saat dia berada di Mako Brimob," ucap dia.

"Kalo Pak Ahok ini kan antikorupsi, tegas, makanya banyak musuhnya, jadi keamanan itu tidak bisa diperoleh di Cipinang waktu itu. makanya kalo nanti dibawa ke Cipinang lagi kan bisa repot," kata Wayan.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Utara sebagai lembaga hukum yang memiliki andil dalam kasus Ahok telah menyebutkan dua pilihan tujuan ekseskusi Ahok, yaitu Lapas Cipinang dan Lapas Salemba. Terkait pilihan tersebut, Wayan mengaku belum melakukan pertemuan untuk merundingkan hal tersebut.

Lapas Salemba, kata Wayan belum dapat dipastikan keamanannya. Untuk itu dia dan keluarga Ahok belum dapat memastikan untuk mengusulkan Lapas Salemba sebagai tujuan Ahok.

Dia mengatakan, telah mempersiapkan pengusulan agar penempatan Ahok tetap di Mako Brimob yang telah terbukti keamanannya. "Kalau di tempat lain kan kami belum berani bilang aman atau tidak aman. Tapi kan lebih baik dan memastikan dia (Ahok) aman ya di Mako Bromob," jelas dia.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Minta Sidang Pembacaan Tuntutan Ahok Ditunda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement