Rabu 07 Jun 2017 04:49 WIB

Tidak ke Daerah, Presiden Lebaran di Jakarta

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ketua DPR Setya Novanto berbuka puasa bersama di kediaman dinas Ketua DPR di kompleks Widya Chandra, Jakarta, Senin (5/6).
Foto: antara/Rosa Panggabean
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ketua DPR Setya Novanto berbuka puasa bersama di kediaman dinas Ketua DPR di kompleks Widya Chandra, Jakarta, Senin (5/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menyatakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jokowi tidak berencana merayakan Idul Fitri di luar Pulau Jawa

Jokowi akan berada di Jakarta pada Lebaran kali ini. "(Lebaran di) Jakarta,” kata Jokowi singkat, usai buka puasa bersama di kediaman Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO), Jakarta Selatan, Selasa (5/6) malam. 

Pada dua hari raya sebelumnya, Jokowi tidak pernah berlebaran di Pulau Jawa. Pada tahun pertama menjadi Presiden RI ke-7 atau 2015, Jokowi merayakan Lebaran di Aceh. 

Kala itu, Presiden mengatakan kehadirannya saat merayakan lebaran di daerah akan menjadi tradisi di tahun-tahun mendatang. Jokowi merasakan suasana berbeda ketika merayakan Lebaran di daerah-daerah Indonesia.

"Ya alhamdulillah kita bisa bertemu dengan masyarakat di Provinsi Aceh dan saya melihat ini kan tradisi baru masyarakat di daerah dan saya sendiri senang bisa bersilaturahim dan bermaaaf-maafan," kata Presiden kepada wartawan sesaat sebelum bertolak menuju Jawa Tengah dari Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Jumat (17/7).

Tahun lalu, Jokowi berlebaran di Kota Padang, Sumatra Barat. Kala itu, Presiden menyatakan dia merayakan Idul Fitri di Padang untuk memenuhi janji merayakan hari raya bersama masyarakat di kota tersebut.

"Tahun yang lalu diminta Pak Gubernur untuk bisa Idul Fitri, Lebaran di Padang. Ya iya saya sudah janji ya saya datangi," kata Presiden ditemui usai menunaikan shalat Tarawih di Masjid Nurul Iman, Padang, Senin (4/7).

(Baca juga: Jokowi: Lebaran di Daerah akan Jadi Tradisi dan Jokowi Penuhi Janji Lebaran di Padang)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement