Kamis 01 Jun 2017 19:55 WIB

Anies: Perwujudan Lengkap Pancasila Ada di Sila Kelima

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Ilham
Anies Baswedan
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan turut berkomentar dalam memaknai hari Kelahiran Pancasila yang dirayakan hari ini, Kamis (1/6). Menurutnya, Pancasila merupakan dasar negara yang menjadi rujukan dalam kegiatan berbangsa dan bernegara.

"Pancasila harus menjadi rujukan bagi semua dan kita harus memperjuangkan terus agar Pancasila menjadi kenyataan dalam kehidupan sehari-hari," kata Anies usai menghadiri launching novel "The Grand Old Man" di Jakarta Selatan, Kamis (1/6).

Anies mengatakan, perwujudan lengkap Pancasila adalah tercapainya sila kelima. Pancasila menjadi lengkap ketika pelaksanaan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia tercapai. Sebab, kata dia, keadilan lah yang memunculkan kedamaian, persatuan dan kemanusiaan yang adil dan beradab.

"Maka dari itu hari ini menjadi refleksi bagi kami untuk memperjuangkan keadilan sosial dan membereskan ketimpangan," katanya.

Menurutnya, jiwa Pancasila tidak ditanamkan, tetapi ditumbuhkan. Jika tidak, maka jiwa Pancasila hanya akan menjadi sekedar narasi. "Menumbuhkannya perlu pembiasaan, karena itu kampanye 1 Juni ini harus jadi wake up call untuk melakukan pembiasaan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement