Selasa 16 May 2017 15:55 WIB

Novel Baswedan akan Jalani Operasi Membran Sel

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Penyidik KPK Novel Baswedan usai keluar dari rumah sakit, Selasa (11/4).
Foto: AP
Penyidik KPK Novel Baswedan usai keluar dari rumah sakit, Selasa (11/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara KPK Febri Diansyah memberikan keterangan terkait perkembangan kesehatan penyidik KPK Novel Baswedan di Singapura. Novel akan menjalani operasi membran sel pada bagian mata.

"Setelah melakukan serangkaian tindakan medis dan perawatan di Singapura, dokter mempertimbangkan untuk melakukan operasi pemasangan membran sel (baby skin) pada kedua mata pada akhir minggu ini. Membran akan diambil dari plasenta bayi," ujar Febri di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (16/5).

Tujuan operasi adalah merangsang pertumbuhan sel-sel pada mata yang rusak akibat penyiraman air keras. Efek dari operasi itu, menurutnya, yakni pasien akan mengalami pandangan yang sangat kabur (blur) dalam beberapa pekan ke depan.

Daei hasil observasi mata yang terakhir dilakukan, masih ditemukan inflamasi atau peradangan di bagian tengah kornea mata sebelah kanan. Terjadi pertumbuhan lapisan, namun lambat.

Sedangkan untuk mata kiri pertumbuhan pembuluh darah mata juga terhitung lambat. Namun tekanan mata normal setelah pemberian obat.

Sampai saat ini terhitung sudah memasuki 35 hari setelah penyiraman air keras oleh pelaku tidak dikenal terhadap Novel. Febri menyebut KPK terus berkoordinasi dengan kepolisian terkait pengungkapan kasus penyerangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement