Rabu 10 May 2017 05:00 WIB

Ini 7 Rangkaian Aksi Bela Islam Sebelum Ahok Divonis 2 Tahun Penjara

Rep: Dwina Agustin/ Red: Bilal Ramadhan
 Jutaan Jamaah Aksi Bela Islam III menjelang pelaksanaan Shalat Jumat memadati area Monumen Nasional Jakarta, Jumat (2/12). Shaf jamaah meluber hingga ke jalan-jalan di sekitar area Monas dan hingga ke Jl MH Thamrin, dan kawasan Patung Tani.
Foto:
Sejumlah anggota TNI berjilbab membagikan air minum saat melakukan pengamanan dalam aksi Bela Islam III di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12).Jutaan Jamaah Aksi Bela Islam III menjelang pelaksanaan Shalat Jumat memadati area Monumen Nasional Jakar

6. Aksi 313

Pada 31 Maret 2017, Aksi Bela Islam VI dilaksanakan. Aksi ini diisi dengan kegiatan long march dari Masjid Istiqlal menuju Istana Merdeka. Kegiatan itu untuk meminta Presiden Joko Widodo memberhentikan Ahok dari jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta.

Namun, aksi massa 313 batal dilakukan di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Peserta aksi hanya diperbolehkan berorasi sampai kawasan Patung Kuda dan Wiranto pun kembali menemui perwakilan peserta aksi.

 

7. Aksi 55

Sebelum persidangan pada Selasa (9/5) untuk pembacaan vonis kepada Ahok, kembali diadakan aksi lanjutan bertajuk Aksi Bela Islam VII pada 5 Mei 2017 atau disebut Aksi 55. Aksi ini mendukung Pengadilan untuk memberikan vonis secara adil atas kasus penistaan agama yang menjerat Ahok.

Selama Aksi Bela Islam I hingga Aksi Bela Islam VII tidak terjadi kericuhan yang berarti. Kesan damai cukup tertangkap dengan jumlah massa yang tidak hanya dihadiri oleh masyarakat wilayah Jakarta dan sekitarnya, tapi hingga dari pelosok Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement