Rabu 10 May 2017 05:00 WIB

Ini 7 Rangkaian Aksi Bela Islam Sebelum Ahok Divonis 2 Tahun Penjara

Rep: Dwina Agustin/ Red: Bilal Ramadhan
 Jutaan Jamaah Aksi Bela Islam III menjelang pelaksanaan Shalat Jumat memadati area Monumen Nasional Jakarta, Jumat (2/12). Shaf jamaah meluber hingga ke jalan-jalan di sekitar area Monas dan hingga ke Jl MH Thamrin, dan kawasan Patung Tani.
Foto:
Aksi Super Damai Bela Islam III di Monumen Nasional, Jakarta.

3. Aksi 212

Pada  2 Desember 2016, Aksi Bela Islam III pun dilakukan dengan kegiatan utama melakukan ibadah bersama. Bahkan, Presiden Joko Widodo ikut menghadiri aksi tersebut. Aksi ini menjadi aksi dengan massa terbesar sejauh ini.

Massa yang mengikuti shalat Jumat yang berpusat di Monumen Nasional (Monas), meluber hingga ke Bundaran HI, Tugu Tani, dan Stasiun Juanda. Diperkirakan massa yang menghadiri aksi 212 sekitar 3 juta orang.

 

4. Aksi 112

Memasuki 2017, tepat pada 11 Februari, kembali diadakan Aksi Bela Islam IV masih dengan tema besar untuk mengawal jalannya persidangan Ahok. Aksi ini dikoordinasi oleh Forum Umat Islam (FUI) dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI).

Aksi yang dikenal juga dengan Aksi 112 awalnya akan dilaksanakan di Lapangan Monas Jakarta. Namun, tempat acara mendapatkan perubahan menjadi di Masjid Istiqlal dengan acara shalat bersama dan tausiyah dari beberapa ulama.

 

5. Aksi 212 Jilid II

Tanggal 21 Februari 2017 menjadi tanda berlangsungnya Aksi Bela Islam V. Peserta aksi berkumpul di kawasan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Senayan, Jakarta Pusat. Jika aksi-aksi sebelumnya digaungkan oleh FPI, kali ini aksi yang dilakukan merupakan gagasan Forum Umat Islam (FUI). Meski begitu, peserta yang mengikuti tidak kalah ramai dengan aksi-aksi sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement