Kamis 13 Apr 2017 15:03 WIB

Walkot Makassar Apresiasi Penggunaan Nama Kodam Hasanuddin

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto
Foto: Antara/Darwin Fatir
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengapresiasi perubahan nama Kodam VII Wirabuana menjadi Kodam XIV Hasanuddin. Nama Hasanuddin sendiri diambil dari salah satu pahlawan dari Sulawesi Selatan Sultan Hasanuddin atau dijuluki ‘Ayam Jantan dari Timur’.

“Sultan Hasanuddin ini pahlawan nasional yang menyatukan kerajaan-kerajaan di wilayah Indonesia Timur, jadi penggunaan nama Hasanuddin saya kira sangat tepat,” ungkapnya usai menghadiri upacara perubahan nama Kodam XIV Hasanuddin yang dipimpin Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono di Lapangan Karebosi, Makassar, dalam rilisnya, Kamis (13/4).

Wali Kota yang akrab disapa Danny ini juga menyebutkan Makassar memiliki sejarah besar dalam merebut kemerdekaan RI dan Sultan Hasanuddin adalah pahlawannya. Menurutnya, semangat kepahlawanan Sultan Hasanuddin harus diterapkan oleh anggota Kodam XIV Hasanuddin.

“Sikap ksatria, keberanian, dan siri’ na pacce yang mengalir dalam jiwa Sultan Hasanuddin harus diterapkan oleh anggota Kodam XIV Hasanuddin ke depan,” ucap dia.

Ia berharap perubahan nama ini dapat meningkatkan optimalisasi kendali Angkatan Darat di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara yang berada di wilayah hukum Kodam XIV Hasanuddin. “Heroisme perjuangan Sultan Hasanuddin mengusir penjajah harus menjadi inspirasi bagi prajurit TNI dalam menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI,” kata dia mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement