Kamis 30 Mar 2017 17:06 WIB

Politikus Senior PPP: Keputusan Dukung Ahok Melanggar Asas Partai

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah
Politikus senior PPP Bachtiar Chamsyah.
Foto: Republika/ Wihdan
Politikus senior PPP Bachtiar Chamsyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keputusan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kubu Romahurmuzy yang merapat ke pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat ternyata mendapat pertentangan dari politikua senior PPP yang juga Majelis Tinggi (A'la) PPP. "PPP itu kan asasnya Islam. Itu artinya asas itu segala tindak tanduk harus bernapaskan Islam dong. Jangan kita melanggar asas itu. Itu sikap kita dulu seperti itu," kata Bachtiar Chamsyah saat dihubungi pada Kamis (30/3).

Menurut dia, dengan mendukung pasangan Ahok-Djarot yang ia nilai telah menistakan agama tentu tidak sesuai dengan asas partai. Ia sendiri menegaskan, jika kemudian ada dukungan PPP Kubu Romi terhadap pasangan Ahok- Djarot, itu semata-mata hanya keputusan elite DPP tanpa mempertimbangkan suara yang lain.

Padahal, dalam rapat sebelumnya, banyak kader PPP yang tidak sepakat dengan keputusan tersebut. "Menurut saya akar rumput tentu tidak akan setuju. Jadi itu sebenarnya (keputusan) itu elite saja. Itu analisis saya ya. Karena akar rumput itu tidak bodoh. Karena akar rumput akan melihat, yang tidak sesuai ya tidak akan ikuti. Saya sudah sampaikan alasan saya ini," katanya.

Ia pun menganalisis keputusan elite PPP merapat ke Ahok-Djarot bersifat politis demi melanggengkan koalisi parpol pemerintah. Tujuannya bisa karena demi mempertahankan legalitas kepengurusan PPP Kubu Romi, bisa juga demi menyelamatkan partai. Ini lantaran PPP Kubu Djan Faridz juga mendukung pasangan yang sama.

"Mungkin mereka memerhatikan apakah penyelamatan partai atau soal itu. Tapi saya bingung kenapa orang khawatir, partai tidak selamat, kenapa? Apa mau dibubarkan, kalau dibubarkan kan nanti rakyat juga akan tahu bahwa pemerintah di balik semua ini. Tapi saya yakin pemerintah tidak seperti Itu," katanya.

Baca Juga: Untung Rugi Dukungan PPP ke Ahok-Djarot.

Karena itu, ia menilai, keputusan politis dari dukungan kubu Romi tersebut hanya bentuk dari kekhawatiran pihak elite semata. Namun, ia meyakini kader PPP di bawah tak akan terpengaruh dengan putusan elite PPP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement