Kamis 16 Mar 2017 16:47 WIB

Anies: Pendidikan Karakter Penting untuk Anak

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Angga Indrawan
Anies Baswedan
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai pendidikan karakter selama ini hanya dipahami sebagian besar masyarakat sebagai pendidikan moral. Padahal, menurutnya, pendidikan karakter kinerja tidak kalah penting untuk diajarkan dan dibiasakan kepada anak-anak.

"Karakter kinerja seperti kerja keras, disiplin, kerja tuntas, tak mudah menyerah, itu semua karakter juga. Bukan hanya jujur, sopan, atau hormat ke orang tua," ujar Anies pada seminar bertemakan 'Mendidik Anak Berkarakter di Era Digital', di aula Masjid Hikmatul Ummah, Kampung Rawa Badung, Jatinegara, Jakarta, Kamis (16/3).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mencontohkan, tidak ada orang tua yang ingin anaknya jujur tapi malas atau bekerja keras. Karena itulah, sambungnya, pendidikan karakter moral dan kinerja harus bisa diselaraskan dan seimbang.

Pendidikan karakter, sambung Anies, tidak hanya diajarkan lewat lisan. Namun juga melalui keteladanan. Ia menekankan pentingnya keteladanan dari orang tua untuk membentuk karakter anak.

"Jadi jangan sampai kita menyuruh anak kita untuk jujur, jangan korupsi. Tapi kita sebagai orang tua malah melanggar lalu lintas, misalnya," ucap Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement