Senin 27 Feb 2017 22:13 WIB

Sukabumi Segera Miliki Gedung Kesenian Tahun Ini

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Seniman di Sukabumi
Foto: www.sukabumitoday.com
Seniman di Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Proses pembangunan gedung kesenian di Kota Sukabumi akan segera dilakukan. Hal ini menyusul telah ditetapkannya lokasi pembangunan gedung di Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong.

"Lokasi pembangunan gedung sudah ditetapkan dan diharapkan bisa segera dibangun," terang Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan Senin (27/2). Dana pembangunan gedung kesenian bersumber dari bantuan Pemprov Jawa Barat senilai Rp 10 miliar.

Dengan besaran dana tersebut kata Fahmi, pemkot berencana menggandeng pihak ketiga dalam pengerjaannya. Proses lelang dan tahapan lainnya akan dilaksanakan oleh instansi teknis di lapangan. Targetnya, pada 2017 ini proses pembangunan gedung kesenian bisa dimulai dan rampung pada akhir tahun nanti.

Sehingga pada awal 2018 mendatang warga Sukabumi sudah bisa menikmati kehadiran gedung kesenian yang baru pertama di Sukabumi.

Fahmi mengungkapkan, proses pembangunan gedung kesenian ini berbarengan dengan perbaikan GOR Merdeka. Pendanaannya pun berasal dari Pemprov Jawa Barat sebesar Rp 26 miliar. Kedua proyek itu diharapkan rampung secara bersamaan pada 2017.

Di sisi lain terang Fahmi, pemilihan lokasi gedung kesenian di kawasan Sukakarya Kecamatan Warudoyong telah didasarkan sejumlah pertimbangan dan kesepakatan sejumlah pihak terkait. Terutama akses kemudahan bagi warga untuk menuju ke lokasi tersebut.

Anggota Komisi III DPRD Kota Sukabumi, Anwar Hermansyah mengatakan, kalangan dewan menyambut positif rencana pembangunan gedung kesenian.

"Harapannya, gedung tersebut bisa menjadi sarana ekspresi warga khususnya yang bergelut di bidang seni," kata dia kepada wartawan.

Sehingga kata Anwar, di Sukabumi akan lahir seniman muda yang berprestasi dan mengangkat nama baik daerah di tingkat nasional maupun dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement