Ahad 05 Feb 2017 19:11 WIB

Zumi Zola: Persiapan Pilkada Serentak di Jambi Kondusif

Gubernur Provinsi Jambi, Zumi Zola.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Gubernur Provinsi Jambi, Zumi Zola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI --  Gubernur Jambi Zumi Zola menyatakan bahwa persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahap II di Jambi khususnya di tiga kabupaten di wilayahnya tetap kondusif.

"Secara umum, kondisi persiapan Pilkada serentak Tahun 2017 di Provinsi Jambi di tiga kabupaten yakni Muarojambi, Sarolangun dan Tebo berjalan dengan baik," katanya di Jambi, Ahad (5/2).

Zola mengaku sudah terlebih dahulu mengadakan rapat dengan semua pihak yang berkaitan dengan Pilkada serentak Tahun 2017 di Provinsi Jambi yang akan digelar 15 Februari mendatang. Menurut dia, terwujudnya kondisi yang aman dan terkendali tersebut memerlukan dukungan dari semua pihak, termasuk juga dengan para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tetap menjaga netralitas.

Zola menekankan supaya semua pihak terkait menjalankan sesuai aturan, termasuk untuk tidak melakukan politik uang. Pilkada tersebut katanya bukan hanya tanggung jawab penyelenggara, tetapi semua pihak terkait, serta menitikberatkan sekaligus menghimbau adanya peran konstruktif dari para pasangan calon dan tim suksesnya.

"Saya pikir ini bukan hanya tanggung jawab semua pelaksana yang terlibat, termasuk pemerintah kabupaten dan Forkopimda, tetapi juga menjadi tanggung jawab dari semua calon. Jadi saya mengimbau jangan melakukan black campaign yang sifatnya memprovokasi," kata Zola.

Selain itu, Zola mengatakan penyelenggara utama terutama KPU dan Panwaslu dalam rapat terakhir menyatakan siap, walaupun ada beberapa titik-titik rawan.

"Tetapi sejauh ini sudah ada rencana kalau sampai terjadi kondisi yang paling burukpun sudah siap, begitu juga dengan Polri dan TNI untuk pengamanan serta kejaksaan," katanya menambahkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement