Kamis 26 Jan 2017 12:53 WIB

Dua TKI Korban Kapal Tenggelam Segera Dipulangkan

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani
Tim SAR melakukan evakuasi korban kapal tenggelam. (ilustrasi)
Foto: Antara
Tim SAR melakukan evakuasi korban kapal tenggelam. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Utama Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Hermono, mengatakan dua TKI korban kapal tenggelam di perairan Johor Baru, Malaysia, segera dipulangkan pada Jumat (27/1). Hingga Kamis (26/1) siang, ada 16 korban tewas akibat tenggelamnya kapal pada Senin (23/1) itu.

"Sebanyak tujuh korban sudah bisa diidentifikasi. Dua korban, yakni Sayyideh asal Sampang dan Lumbertus Luan asal Kupang segera dipulangkan besok," ujar Hermono ketika dihubungi Republika, Kamis (26/1).

Sebanyak 14 jenazah TKI lain masih menanti jadwal pemulangan. Selain itu, ada delapan korban yang berhasil selamat dari insiden tersebut.  Korban selamat terdiri dari satu laki-laki warga negara Malaysia, lima laki-laki asal Madura dan Batam serta dua perempuan asal Jawa Timur.

Hingga saat ini, tim SAR masih terus melakukan pencarian korban yang belum ditemukan. Berdasarkan informasi dari tim di lapangan, kata Hermono, melihat banyaknya jejak telapak kaki di pantai, ada kemungkinan sisa penumpang yang belum ditemukan bersembunyi di hutan wilayah Mersing. Mereka diduga menghindari penangkapan aparat Malaysia.

Dia melanjutkan, pemerintah melalui KJRI Johor Baru dan BNP2TKI akan memfasilitasi pemulangan para korban, baik yang selamat maupun meninggal dunia kepada keluarga masing-masing.

"Selain itu, pemerintah juga akan mengupayakan agar korban selamat tidak diproses hukum di Malaysia atas pertimbangan kemanusiaan," tutur Hermono.

Sebelumnya, pada Senin, terjadi kecelakaan kapal terbalik di perairan Tanjung Rhu Mersing dekat Johor Bahru Malaysia. Kapal berjenis speedboat itu diperkirakan membawa 40 penumpang diduga TKI yang akan bekerja di Malaysia.

Berikut rekap data korban jiwa  yg berhasil di identifikasi :

1.

Nama : Maria Yuliana Reku (pr)

Asal : Kab. Ende NTT.

TTL : Pauwawa, 16-02 - 1987.

2.

Nama : Rasid bin Suwin, (lk)

Alamat : kec banyuatas rt 1 rw 3 kab sampang, desa telagah, beringin kuning, dusun penangkoan.

3.

Nama : Lambertus Luan, (lk)

Asal : Kab Belu, NTT.

4.

Nama : Sayyideh (pr)

TTL : Sampang, 07-04-1983

Asal : Sampang

Alamat : Dsn Jeteh Desa Bira Barat Kec. Ketapang Kab. Sampang

dll

5.

Nama : Hamidah (pr)

TTL : 02/05/1979

Asal : Bangkalan Jatim

6.

Nama : Sulistyowati

TTL : 4/2/1981

Asal : Bojonegoro, Jatim

7.

Nama : Suana

TTL : 1/7/1976

Asal : Sampang, Madura

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement