Kamis 19 Jan 2017 21:21 WIB

Suara Ratapan di Antara Kobaran Api Pasar Senen

Rep: Muhyiddin/ Red: Ilham
Petugas pemadam kebakaran terus berusaha menjinakkan si jago merah yang membakar pusat perbelanjaan proyek Senen Jakarta, Kamis (19/1).
Foto:
Petugas berusaha memadamkan api yang membakar bangunan Blok I dan Blok II yang terbakar di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (19/1).

Bukan saja Republika.co.id, kucing malang tersebut pun membuat haru anak-anak yang melihat aksi petugas. Anak-anak itu ikut menghampir kucing itu, dan menyirami air di tubuhnya agar tidak kepanasan akibat bulunya yang terbakar. Mereka juga sempat melontarkan pujian karena petugas yang tak pandang bulu dalam menolong mahluk hidup dalam kebakaran itu. "Keren pak, keren, keren," teriak anak-anak tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Subejo menjelaskan awal kebakaran tersebut, sebelum api membesar sebenarnya hidran (instalasi pemadam kebakaran) di gedung itu sudah menyala. Namun karena api cepat menjalar, lantas masyarakat pun menghubungi petugas pemadam kebakaran.

"Tadi pada pagi hari sudah gunakan hidran. Tetapi karena perambatan lebih cepat dibandingkan upaya pemadaman, mereka lalu memanggil petugas damkar. Jam 4.20 kejadian, kami sampai di TKP 4.28 WIB," ujar Bejo di lokasi.

Berdasarkan cacatan terakhir yang diberikan Subejo, untuk memadamkan api tersebut pihaknya sudah mengerahkan 568 personel dan 70 mobil pemadam kebakaran turut dikerahkan ke Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Sementara, Kabid Humas Polda Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut polisi masih menunggu penyelidikan dari petugas Laboratorium Forensik Mabes Polri. "Kebakaran itu nanti menunggu Labfor dulu, yang penting hari ini menyelamatkan jiwa yang ada di situ dan harta benda yang ada," ujar Argo.

Argo mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Sampai saat ini, polisi masih menunggu pemeriksaan Labfor. "Belum ada korban jiwa. Kita kan belum periksa-periksa, kita nunggu Labfor dulu," kata mantan kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut.

(Lihat juga foto-foto kebakaran Pasar Senen, Kamis (19/1) dalam in picture: Pasar Senen Kebakaran, Ratusan Kios Hangus)

(Lihat video pantauan kebakaran Pasar Senen: Pantauan Udara Pascapemadaman Pasar Senen)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement