Senin 16 Jan 2017 21:25 WIB

Walkot Makassar Berbagi Kiat Pelayanan Publik di Sektor Kesehatan

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto
Foto: Antara/Darwin Fatir
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto

REPUBLIKA.CO.ID, BOJONEGORO -- Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto berbagi kiat Pencegahan dan Pengendalian Konflik Kepentingan (PPKK) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) saat berbicara di Seminar dan Lokakarya PPKK RSUD, di Hotel Imperial Aryaduta, Senin (16/1).

Seminar dan lokakarya tersebut mengangkat tema PPKK di RSUD Kota Makassar dan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Danny mengatakan, pelayanan publik di sektor kesehatan merupakan pelayanan dasar yang harus dikelola secara transparan dan profesional baik di tingkat Puskesmas maupun RSUD.

Salah satu upaya transparansi dan akuntabel telah dilakukan oleh RSUD Daya, Makassar melalui pelelangan barang dan jasa menggunakan sistem e-katalog pada Unit Layanan Pengadaan (ULP). Pemerintah akan terus mendorong partisipasi publik dalam mengontrol pelayanan publik di RSUD Daya. Bentuk kontrol itu bisa melalui kotak saran yang terdapat di RSUD Daya, juga melalui pengaduan di surat kabar lokal atau sms center dan aplikasi Sodarata yang bersinergi dengan Sub Bagian Pengaduan Humas Pemkot Makassar.

"Konflik kepentingan ibarat virus dan penyakit yang harus dilawan dengan manajemen rumah sakit yang profesional, transparan, dan akuntabel," ujar Danny Pomanto dalam rilisnya, Senin (16/1).

Pengelolaan RSUD Daya juga telah tersentuh program Makassar Sombere dan Smart City. Warga Makassar dapat menghubungi call center 112 untuk mendapatkan pelayanan darurat dari RSUD Daya. Informasi mengenai kamar rawat inap dapat diakses melalui call center 112.

Sementara itu, Asisten I Kabupaten Bojonegoro Djoko Lukito menyampaikan perubahan mendasar sistem pemerintahan di kabupaten Bojonegoro dengan terbitnya Peraturan Bupati Nomor 30 Tahun 2013 tentang Manajemen Inovasi Pembangunan Berbasis Partisipasi Publik. Pemkab Bojonegoro juga mendorong partisipasi publik dalam proses pelayanan RSUD dr R Sosodoro Djatikoesoemo, Bojonegoro melalui SMS, surat keluhan masyarakat, surat pembaca di media cetak lokal dan radio, kotak saran, SMS dari telepon selular pejabat, dialog publik, dan open kontrak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement