Kamis 12 Jan 2017 17:09 WIB

Pengamat: Visi-Misi Jadi Penentuan di Debat Cagub-Cawagub DKI

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Bilal Ramadhan
Pilgub DKI (Ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Pilgub DKI (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Masykurudin Hafidz mengatakan, Dokumen visi misi dari setiap pasangan calon pada saat debat publik nanti akan mendapat perhatian khusus.

Hal ini dikarenakan dokumen visi misi adalah bagian penting untuk membunyikan gagasan terhadap kemajuan daerah dari setiap pasangan calon. "Suara pasangan calon mencerminkan juga gagasan garis ideologi dan kebijakan partai politik pengusung," ujarnya di Jakarta, Kamis (12/1).

Dengan kata lain, kata dia, saat debat nanti akan menjadi ajang pembanding dari visi misi yang diusung oleh pasangan calon masing-masing. Jika selama ini masyarakat pemilih bertemu langsung dengan pasangan calon, informasi yang diterima hanya satu jalur.

"Tetapi melalui debat, dengan mempertemukan seluruh pasangan calon dalam satu tempat, maka masyarakat pemilih dapat membandingkan secara langsung satu pasangan calon dengan pasangan calon lainnya secara bersamaan," ujarnya.

Hafidz menilai, debat akan semakin baik jika tidak hanya mengukur kemampuan paslon dalam cara menjawab pertanyaan dan merangkai kata, tetapi yang lebih penting sejauh mana gagasan menjadikan daerah yang lebih baik tercantum dalam dokumen visi, misi dan program lebih dirasakan oleh masyarakat pemilih.

"Pemilih semakin yakin untuk datang ke TPS menentukan pilihannya. Berdasarkan gagasan yang disajikan oleh pasangan calon dalam debat nanti," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement